Hanya karena ini Corel digugat oleh Microsoft

Hanya karena ini Corel digugat oleh Microsoft

Techno.id - Setiap perusahaan yang sudah mempunyai nama besar dan terkenal di mana-mana terkadang harus berhati-hati. Jika sembarangan mencomot desain, bisa jadi akan menuai masalah seperti perusahaan Corel.

Belum lama ini, Corel dituduh 'mencuri' desain antarmuka slider dari Microsoft Word. Padahal, desain slider itu tidak seberapa besar dan ditempatkan di pojokan. Namun, Microsoft menganggap hal itu adalah aset perusahaan yang tak ternilai. Terlebih, desain antarmuka slider tersebut telah dipatenkan oleh Microsoft dan sudah terdaftar dengan nomor D554,140.

Nah, karena itulah Corel digugat oleh Microsoft. Corel diminta untuk mengganti rugi dari semua keuntungan yang telah diterima berkat adanya slider tadi. Bahkan, kabarnya Microsoft tak hanya menggugat keuntungan dari software yang ditawarkan Corel melainkan juga semua keuntungan dari perusahaan, seperti yang dilansir oleh SlashGear (30/12/2015).

Hal ini hampir mirip dengan kasus pencurian desain produk Apple yang dilakukan oleh Samsung. Dari pencurian paten desain tersebut, Apple meminta ganti rugi lebih dari $ 548 juta kepada Samsung.

Terkadang, untuk menjatuhkan lawan, perusahaan tak akan peduli itu masuk akal atau tidak. Yang terpenting, lawan mereka harus tumbang walau hanya dicekal dengan gugatan paten desain slider. Mungkin ini dapat menjadi pelajaran bagi semua perusahaan di seluruh dunia.

(brl/red)