Google sedang ajari mobil self driving-nya lebih manusiawi

Google sedang ajari mobil self driving-nya lebih manusiawi

Techno.id - Beberapa waktu lalu, mobil self driving buatan Google dilaporkan sedang mengalami penyempurnaan. Hal ini dilakukan setelah diteliti lebih lanjut oleh para ilmuwan, bahwa mobil ini bisa 'dibelokkan' oleh sinyal palsu.

Mobil self driving berjalan menggunakan sensor yang akan memberitahukan objek-objek yang ada di sekitarnya. Sensor inilah yang sedang disempurnakan oleh pihak Google. Seperti yang diberitakan oleh CNET pada hari Senin (28/09/15) lalu, Google sedang 'mengajari' mobilnya agar bisa mengemudi layaknya manusia.

Saat uji coba beberapa waktu lalu, mobil ini memang mengalami kecelakaan. Meski hal ini bukanlah kesalahan mobil Google, namun manusia yang saat itu melanggar rambu lalu lintas juga tak bisa disalahkan begitu saja. Hal inilah yang kemudian dikembangkan lebih lanjut oleh Google.

Google sedang ajari mobil self driving-nya lebih manusiawi

Mereka menanamkan semacam syaraf agar mobil ini lebih 'manusiawi' nantinya. Salah satu sistem yang dibenahi oleh Google adalah dalam hal menikung. Mobil self driving tak bisa melibas tikungan sesempurna manusia.

Mobil ini hanya menikung ketika ia merasa mampu untuk melakukan manuver. Hal inilah yang disempurnakan oleh Google. Mereka sedang berusaha agar mobil self driving bisa bermanuver sesempurna manusia.

Meski tujuan awalnya adalah mengurangi angka kecelakaan dan kesalahan yang dilakukan oleh manusia saat mengemudi, tentu saja masih banyak perilaku manusia pada saat mengemudi yang lebih baik jika dibanding dengan mobil ini. Well, kita tunggu saja perkembangan lebih lanjut dari Google terkait teknologi baru yang sedang mereka kembangkan ini.

(brl/red)