Google: Pengguna Android sudah mencapai 1,4 miliar lebih

Google: Pengguna Android sudah mencapai 1,4 miliar lebih

Techno.id - Tahun 2014 lalu, Google pernah mengumumkan bahwa pengguna Android telah mencapai angka lebih dari satu miliar. Kala itu, Google memang tak menampik jika perusahaan yang berbasis di Mountain View itu berniat untuk menambah jumlah tersebut.

Kini di tahun 2015, Google kembali melaporkan jika pengguna sistem operasi besutannya telah bertambah setidaknya lebih dari 400 juta. Dengan kata lain, di sepanjang tahun 2015 ini, Android memiliki pengguna sebesar lebih dari 1,4 miliar.

CEO Google, Sundar Pichai mengatakan jika pihaknya mengaku telah mengeluarkan sumber daya yang sangat besar untuk pengembangan Android. Pencapaian ini, menurutnya, tak lain juga berkat lisensi Android yang bersifat open source (terbuka).

"Strategi yang kami terapkan (menambah jumlah pengguna Android) berhasil dengan skala kesuksesan yang luar biasa," ujar pria berkebangsaan India itu sebagaimana dikutip dari Ubergizmo (29/09).

Atas dasar pencapaian itu, Pichai menegaskan jika Google akan tetap berkomitmen untuk terus menambah jumlah pengguna ke dalam hitungan miliar selanjutnya. Sayangnya, ia lagi-lagi enggan merinci strategi jitu perusahaan yang dipimpinnya.

Praktis, Android kini telah memiliki jumlah pengguna yang boleh dikatakan setara dengan layanan Google lainnya. Sebut saja seperti Chrome, Gmail, dan YouTube yang memiliki jumlah pengguna rata-rata di atas satu miliar.

(brl/red)