Google kembangkan perintah suara berbasis offline

Google kembangkan perintah suara berbasis offline

Techno.id - Masalah mendasar di hampir semua platform voice assistant adalah koneksi. Pasalnya, tidak semua permintaan dari pengguna selalu bersifat berat. Singkat kata, haruskah permintaan ringan juga membutuhkan internet?

Raksasa mesin pencari Google mungkin akan menjawabnya dengan kata tidak. Demikian menurut laporan terbaru dari 9to5Google (11/03) tentang pengembangan voice recognition system berbasis offline dari Google.

Menurut informasi, voice assistant offline ini lebih kecil dan ringan, serta mendukung perangkat tua setara Nexus 5. Ia bahkan diklaim berkinerja tujuh kali lebih cepat dengan tingkat kesalahan hanya 13,5 persen.

Dalam pengembangannya, Google disebutkan telah mengambil sekitar tiga juta sampel suara dari hasil pencarian. Kemudian, suara ini dipecah ke dalam 20 variasi dan dikombinasikan dengan suara dari platform YouTube.

Meskipun terbatas, perintah suara offline di Google Now memang telah tersedia. Namun jika sistem baru ini nantinya diaplikasikan, setidaknya, Google Now hanya membutuhkan koneksi internet yang minim.

(brl/red)