Google buat situs mobile khusus untuk pengungsi Suriah

Google buat situs mobile khusus untuk pengungsi Suriah

Techno.id - Krisis pengungsi Suriah ke Eropa saat ini tengah menjadi sorotan publik internasional. Bahkan, bayang-bayang sulitnya kehidupan mereka yang mayoritas adalah warga negara Suriah itu sendiri hingga dirasakan oleh raksasa internet Google.

Ya, para pengungsi Suriah saat ini sangat minim mendapatkan fasilitas-fasilitas tertentu seperti komputer. Faktor inilah yang mendasari Google untuk meluncurkan situs mobile yang dikhususkan bagi para pengungsi Suriah.

Sebagaimana dikutip dari MobileSyrup (23/10), situs mobile yang dimaksud di sini adalah Crisis Info Hub. Diluncurkan di pulau Levsos, Yunani, dengan tujuan untuk membantu para pengungsi Suriah mendapatkan informasi penting via smartphone.

Google buat situs mobile khusus untuk pengungsi Suriah

Adapun informasi yang bisa didapat para pengungsi di antaranya seperti penginapan, bantuan medis, hingga alat transportasi. Dan seperti tampak pada gambar di atas, situs ini dilengkapi dengan sebuah fitur penerjemah bahasa, khususnya bahasa Arab.

Lalu, bagaimana para pengungsi Suriah dapat mengakses situs Crisis Info Hub? Melalui organisasi NetHope, Google mengatakan bahwa pihaknya akan menyediakan infrastruktur nirkabel dan charging station di sekitar kamp pengungsi.

Mesin pencari terbesar sejagat itu juga mengatakan bahwa pihaknya akan memperluas cakupan situs mobile ini di masa depan. Caranya adalah dengan menambah infrastruktur di lokasi-lokasi pengungsian lainnya, seperti pulau Kos di Yunani.

Sebagai informasi tambahan, para pengungsi Suriah saat ini banyak yang berasal dari kota dengan latar belakang pendidikan. Sehingga, mayoritas dari mereka setidaknya sudah memiliki akses smartphone yang cukup baik.

(brl/red)