Genjot penjualan, Qualcomm rangkul Windows 10 Microsoft

Genjot penjualan, Qualcomm rangkul Windows 10 Microsoft

Techno.id - Qualcomm tengah berupaya meningkatkan penetrasi di pasar perangkat mobile murah. Perusahaan asal Amerika Serikat itu pun menggandeng Microsoft yang sedang mempersiapkan produk berbasis sistem operasi Windows 10 dengan harga terjangkau.

Hingga saat ini, Qualcomm menyumbang sekitar 80 persen perangkat yang mengusung teknologi 4G LTE (long term evolution) di Tiongkok pada tahun 2014. Namun, perusahaan itu harus rela tergerus secara signifikan karena manuver yang dilakukan MediaTek dan Spreadtrum Communications.

Kerjasama yang dilakukan Microsoft-Qualcomm digadang-gadang bakal melahirkan smartphone berbasis Windows 10 yang segera meluncur dalam waktu dekat. Handset Windows dengan dapur pacu chipset Qualcomm akan tersedia pada kuartal akhir 2015 dan dibanderol dengan harga US$ 80 atau sekitar Rp 1 jutaan.

Prosesor MSM8909 dari Qualcomm akan menjalankan perangkat Windows 10 tanpa harus membayar lisensi ke Microsoft. Kebebasan dari biaya lisensi ini membuat nilai keseluruhan produk bertenaga Windows Mobile 10 bakal setara dengan handset Android murah.

Tak hanya Microsoft, seperti dilansir Digitimes Research (22/7/15), Qualcomm juga disebutkan tengah menjalin kerjasama dengan Allwinner Technology. Kemitraan yang dilakukan kedua perusahaan ini bertujuan meluncurkan solusi koneksi 3G/4G di perangkat komputer tablet.

(brl/red)