Gencarkan pemantauan, Rudiantara optimis 4G tersebar tahun depan

Gencarkan pemantauan, Rudiantara optimis 4G tersebar tahun depan

Techno.id - Penetrasi 4G kini terus digencarkan untuk menunjang kebutuhan masyarakat dalam komunikasi. Untuk mewujudkan hal tersebut Rudiantara, Menteri Komunikasi dan Informatika, mengungkapkan jika masyarakat Indonesia bakal bisa menikmati jaringan 4G mulai tahun depan.

"Saat ini kita sedang migrasi ke 4G dan mulai melakukan penataan ulang di daerah Jawa Timur dan akan selesai akhir tahun untuk seluruh Indonesia," ujar pria yang akrab disapa Chief RA tersebut.

Rudiantara mengaku, ia dan Kementerian Komunikasi dan Informatika serta pihak-pihak terkait sangat fokus terhadap program tersebut dan terus memantau keberhasilan program yang sedang dijalankan. Selain itu, ia mengungkapkan bahwa akhir tahun jaringan 4G ditargetkan sudah selesai di beberapa titik di pulau Jawa dan secara otomatis masyarakat Indonesia bakal bisa menikmati jaringan 4G di jaringan 1800Mhz.

Frekuensi 1800Mhz sendiri menurut Rudiantara merupakan ekosistem terbaik untuk jaringan 4G. Menurutnya, jaringan 4G di Indonesia ini cukup istimewa karena bisa memulainya dari jaringan 1800Mhz karena sejumlah negara memulainya dengan frekuensi 800Mhz.

Terkait jaringan 5G, Rudiantara mengatakan akan menerapkan jika bisnis modelnya sudah ada. Untuk sekarang masih difokuskan untuk merapikan 4G.

(brl/red)