Gandeng Aleph, pemkot Denpasar siap menuju smart city

Gandeng Aleph, pemkot Denpasar siap menuju smart city

Techno.id - Siap menuju smart city, pemerintah kota Denpasar melalui Dinas Komunikasi dan Informatika resmi mengumumkan kerja sama dengan PT Aleph Santosa Adiraja, perusahaan penyedia aplikasi perdagangan dunia yang telah digunakan di hampir 150 negara di dunia. Pemkot Denpasar dikabarkan akan menggunakan platform dari Aleph untuk menyediakan layanan sistem terpadu berbasis mobile di Denpasar.

Melalui penggunaan sistem informasi terintegrasi itu, diharapkan produk-produk unggulan kota Denpasar maupun destinasi wisata, budaya, dan potensi lainnya dapat dikembangkan dan dipromosikan dengan sebaik-baiknya terlebih untuk menghadapi era pasar bebas Asean.

"Kini portal yang sudah bagus dan dinamis ini tinggal dikolaborasikan untuk bisa mempromosikan e-commerce di kota Denpasar kepada global market yang sudah terjaring di dalam dua juta anggota dan inilah seluruh potensi yang akan kita bawa untuk kota Denpasar guna menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN dan ASEAN Trade," ujar Ade F. Meyliala, kepala PT Aleph Santosa Adiraja seperti dilansir oleh Antara (21/12/15).

Sementara itu, Anak Agung Rai Iswara, Sekretaris kota Denpasar mengatakan jika pemkot saat ini tengah gencar meningkatkan teknologi karena salah satu cara mewujudkan smart city adalah dengan menerapkan teknologi yang terdepan. Rai mengungkapkan jika teknologi hanya berorientasi lokal dan nasional yang tak terarah ke jaringan internasional maka nantinya akan sia-sia.

"Pemerintah kota Denpasar sudah maju di dalam teknologi, tetapi teknologi ini harus terus di sempurnakan denganmenggandeng unsur-unsur lain. Oleh karena itu kami harapkan dengan aplikasi Platform Aleph ke depannya bisa memajukan perekonomian perkotaan," tegas Rai.

(brl/red)