Game PC sudah tak selaris dulu

Game PC sudah tak selaris dulu

Techno.id - Kecanduan bermain game di smartphone atau tablet dewasa ini memang bukan hal aneh lagi. Selain harga gadget dengan spesifikasi mumpuni untuk bermain game kian terjangkau, para developer pun makin jago melahirkan game yang menarik dan adiktif. Tak ayal, banyak gamer yang rela merogoh koceknya untuk game di gadget kesayangannya.

Hal ini dibuktikan berdasarkan laporan Gaming Spotlight, 2015 Review yang dirilis bulan Maret 2016. Dari data yang dikumpulkan App Annie dan International Data Corporation (IDC), tahun 2015 lalu pengeluaran konsumen untuk game seluler mencapai yang tertinggi sepanjang sejarah. Bahkan, total uang yang dihabiskan di beragam app store sudah melebihi anggaran gamer untuk membeli game PC atau Mac dan game di console.

Game PC sudah tak selaris dulu

Platform game terlaris dari 2013-2015
2016 App Annie dan IDC

Menariknya, masih menurut data tersebut, game telah menguasai lebih dari 80 persen total pengeluaran pengguna Android dan iOS secara global tahun 2015. Sementara Asia-Pasifik adalah kawasan terboros untuk urusan game mobile dengan pertumbuhan yang begitu dahsyat dari Tiongkok.

Kendati demikian, platform game PC masih dinilai menjanjikan tahun ini. Faktanya, dari survei terhadap 2.000 developer game yang menghadiri Game Developer Conference (GDC) 2016, lebih dari 50 persen responden mengaku sedang fokus mengerjakan game PC. Sementara mobile gaming ada di posisi kedua dengan 44 persen.

(brl/red)