Fantastis, pertumbuhan Meizu, Vivo, Asus, & Oppo lebihi 100 persen!

Fantastis, pertumbuhan Meizu, Vivo, Asus, & Oppo lebihi 100 persen!

Techno.id - Industri smartphone dunia tahun 2015 terbukti masih subur dan layak digarap beramai-ramai. Dari data yang dikumpulkan Counterpoint, sepanjang tahun lalu, ada sekitar 1.475 juta unit ponsel pintar yang terjual. Angka itu naik 12 persen dari 2014.

Mengutip blog resmi Counterpoint Research (28/01/16), vendor smartphone asal Republik Rakyat Tiongkok terpantau sangat pesat perkembangannya. Bahkan, ada sejumlah vendor yang pertumbuhan Year-on-Year-nya mencapai lebih dari 100 persen, seperti Oppo, Asus, Vivo, dan Meizu.

Di antara nama-nama itu, Meizu boleh dibilang yang paling luar biasa. Sebab dengan menarget Negeri Tirai Bambu sebagai key market-nya saja, pertumbuhan Meizu mencapai 300 persen. Smartphone andalan produsen berusia 13 tahun itu salah satunya ialah Meizu Pro 5. AnTuTu saja sempat menahbiskan ponsel 5,7 inci itu sebagai handset Android terbaik di kuartal ketiga 2015.

Sayangnya, nasib serupa tak menyelimuti vendor-vendor ternama seperti Samsung, LG, Sony, hingga Microsoft. Smartphone karya mereka belum begitu memikat konsumen tahun ini. Alhasil, pertumbuhan penjualan smartphone per tahun mereka pun terpantau minus.

Data selengkapnya tersaji di grafis berikut ini:

Fantastis, pertumbuhan Meizu, Vivo, Asus, & Oppo lebihi 100 persen!

Perkembangan penjualan smartphone dari 2014 ke 2015
2016 Counterpoint Research

(brl/red)