Facebook dapat kenali penggunanya tanpa melihat wajah

Facebook dapat kenali penggunanya tanpa melihat wajah

Techno.id - Tak ubahnya paranormal yang mampu mengetahui lebih dari orang awam, Facebook pun akan memiliki kemampuan serupa. Ya, Facebook sedang mengembangkan algoritma pengenalan wajah baru yang memungkinkan mereka dapat mengenali wajah penggunanya meski wajahnya disembunyikan atau ditutupi. Menarik bukan?

Teknologi yang sedang digeluti Facebook ini menggunakan algoritma eksperimental untuk mengumpulkan informasi berdasarkan karakter pengguna seperti gaya rambut, bentuk tubuh, dan bahasa tubuh. Bahkan, Facebook dapat mengidentifikasi individu berdasarkan jenis pakaian mereka sehari-hari, seperti yang disadur MacWorld (23/6/15).

"Ada banyak petunjuk yang kita gunakan. Orang-orang memiliki karakter yang unik bahkan Anda dapat mengenali mereka walau dari belakang. Sebagai contoh, Anda bisa dengan mudah mengenali Mark Zuckerberg karena dia selalu mengenakan kaus abu-abu," ujar Yann LeCun, kepala artificial intelligence Facebook.

Untuk menguji teknologi ini, tim peneliti artificial intelligence menggunakan 40.000 foto dari Flicker. Dari sekian foto tersebut tidak semua wajah menghadap ke depan, tetapi algoritma Facebook mengklaim mampu mengenali orang dengan akurasi 83 persen.

Pengembangan teknologi pengenalan wajah ini nantinya akan digunakan untuk fitur momen baru. Fitur ini diharapkan dapat secara otomatis membuat keterangan pada koleksi foto seperti di mana dan kapan foto diambil serta penandaan semua teman yang dikenali oleh Facebook. Jadi, Facebook dapat secara otomatis menandai teman Anda dalam sebuah foto walau mereka memakai topeng.

(brl/red)