'Doa lulus UN' paling dicari di Google jelang ujian nasional

'Doa lulus UN' paling dicari di Google jelang ujian nasional

Techno.id - Kemarin (13/4/15), pelaksanaan ujian nasional berbasis komputer untuk siswa setingkat Sekolah Menengah Atas baru saja dimulai. Ada saja hal-hal unik yang terjadi di awal 'pertempuran' untuk siswa siswi SMA tersebut. Salah satunya adalah kebiasaan para 'pejuang' UN tersebut saat browsing di internet.

Berdasar laporan Google, sekitar pukul 5 pagi kemarin doa-doa lulus UN mencapai puncak (100 persen) sebagai hal yang paling dicari di laman pencarian tersebut. Selain doa-doa untuk lulus ujian, semangat untuk melakukan UN dan meme-meme 'penghibur' suasana hati pun ikut menjadi trend atau hal yang paling dicari di Google.

Seperti dilaporkan oleh Merdeka (14/4/15), hal ini terjadi karena kemungkinan besar para siswa yang sedang menghadapi UN tersebut takut tidak dapat mencapai nilai standar yang ditetapkan pemerintah tahun ini, yakni 5,5. Oleh sebab itu, kekhawatiran psikologis siswa SMA dan sederajat yang mengikuti UN minggu ini tercermin dari kebiasaan mereka saat browsing yang tidak seperti biasanya.

Terlepas dari itu semua, tahun 2015 adalah kali pertama Kemendikbud menggelar ujian nasional berbasis komputer. Meski begitu, ujian berbasis online masih belum bisa dilaksanakan tahun ini mengingat belum meratanya infrastruktur internet di Indonesia.

Dikatakan oleh Mendikbud, Anies Baswedan, dari 70 ribu sekolah yang ada, masih sekitar di bawah 1 persen sekolah yang sudah siap melaksanakan ujian berbasis komputer.

(brl/red)