Diprediksi bakal fenomenal, ternyata Android One biasa saja

Diprediksi bakal fenomenal, ternyata Android One biasa saja

Techno.id - Inisiatif Google untuk menyuntikkan ponsel murah ke pasar smartphone dunia nyatanya tidak terlalu berhasil, walaupun program bertajuk Android One ini juga tak sepenuhnya gagal.

Hal tersebut diungkap dalam laporan milik CCS Insight, sebuah firma riset asal Britania Raya. Menurut mereka, Android One kurang sukses dalam mengubah pasar smartphone secara signifikan, terutama di India. Penyelidikan yang dimuat di situs resmi CCS Insight kemarin (13/4/15) itu menyimpulkan bahwa penjualan Android One cukup lemah, meski sudah berjalan lebih dari enam bulan.

Lebih lanjut, label ponsel Android One yang berada dalam pengawasan Google secara langsung ternyata tidak menjamin konsumen akan menggandrungi gadget ini. Selain karena kompetisi di pasar low-end cukup ketat, Google juga kesulitan untuk menemukan vendor yang benar-benar kuat, terutama dalam penyediaan hardware.

Android One mulai digagas bulan September 2014. Program ini bertujuan untuk memasok smartphone di negara-negara berkembang, seperti India, Filipina, Pakistan, juga Indonesia.

(brl/red)