Di masa depan, buka iPhone bisa jadi pakai bahasa isyarat

Di masa depan, buka iPhone bisa jadi pakai bahasa isyarat

Techno.id - Apple baru-baru ini diketahui tengah mematenkan sebuah teknologi unik untuk mendukung perangkat mobile besutannya, iPhone. Teknologi yang baru dipatenkan itu kabarnya memungkinkan pengguna iPhone di masa depan dapat membuka layar terkunci di iPhone hanya dengan menggunakan bahasa isyarat.

Ya, sebagaimana dilansir oleh CultOfMac (18/2/16), dalam paten yang diajukan tersebut nampak jika teknologi yang disebut "Three-Dimensional Hand Tracking Using Depth Sequences" dapat menemukan dan mengikuti gerakan tangan melalui ruang tiga dimensi dalam video stream. Uniknya, dari alur gambar permohonan paten diketahui jika teknologi itu sebenarnya mirip dengan teknologi yang sudah dimiliki Apple sebelumnya yakni face tracking pada aplikasi Photo Booth.

Di masa depan, buka iPhone bisa jadi pakai bahasa isyarat

Permohonan paten teknologi 'bahasa isyarat' Apple
2016 Apple/USPTO

Disebutkan, jika teknologi itu nantinya bisa jadi tak hanya digunakan untuk membuka layar terkunci iPhone. Ya, teknologi diperkirakan bisa digunakan untuk mendukung sensor pada fitur kamera atau menambahkan kontrol antarmuka pada perangkat berbasis iOS tersebut.

Permohonan paten saat ini dalam tahap kajian oleh USPTO (United States Patent and Trademark Office). Belum diketahui apakah teknologi pada permohonan paten ini nantinya benar-benar bakal diterapkan pada iPhone di masa depan.

(brl/red)