Darkforest Go, AI besutan Facebook yang kini mulai unjuk gigi

Darkforest Go, AI besutan Facebook yang kini mulai unjuk gigi

Techno.id - Beberapa waktu belakangan, Facebook memang diketahui tengah berupaya merancang sebuah Artificial Intelligence yang memiliki kecerdasan setara manusia. Ambisi Facebook itu pun nampaknya kini mulai terealisasi, pasalnya baru-baru ini perusahaan yang didirikan oleh Mark Zuckerberg itu telah menguji coba AI bernama Darkforest Go yang merupakan sebuah AI berbasis permainan catur tradisional dari daratan Tiongkok.

Dalam artikel ilmiah yang diunggah oleh pihak Facebook, diketahui bahwa AI diklaim bisa mengalahkan manusia dalam permainan catur tradisional tersebut secara stabil dan dengan cara yang lebih efektif.

"Kami mencatat bahwa AI ini mampu mengalahkan manusia hingga level 3d secara stabil. Raihan ini melampaui peringkat yang kami targetkan pada AI," ujar Yuanding Tian dan Yan Zhu, peneliti Facebook AI seperti dilansir oleh VentureBeat (26/1/16).

Lebih lanjut, kedua peneliti mengungkapkan bahwa Darkforest Go juga mampu mengalahkan AI lainnya dalam permainan. AI kebanggaan Facebook ini dikabarkan mampu mengalahkan Pachi AI dengan 10 ribu langkah dan melewati level 5d dengan stabil.

Sekadar informasi, AI berbasis permainan catur tradisional sebenarnya sudah lama dan banyak dibuat oleh lembaga penelitian dan perusahaan teknologi bahkan jauh sebelum Facebook. Namun, AI buatan Facebook ini diklaim merupakan salah satu AI berbasis permainan Go yang paling cerdas.

Jika tak ada halangan, AI ini nantinya akan digunakan Facebook untuk mendukung layanan asisten personal M yang kini juga sedang dalam tahap uji coba.

(brl/red)