Daftar tombol shortcut Windows 10 yang patut Anda ketahui

Daftar tombol shortcut Windows 10 yang patut Anda ketahui

Techno.id - Windows 10 saat ini telah resmi tersedia bagi pengguna PC dan laptop. Sistem operasi terbaru besutan Microsoft tersebut kabarnya membawa sejumlah pembaruan. Salah satunya adalah tombol shortcut pada keyboard.

Seperti dilansir oleh TheVerge (29/7/15), Microsoft memperkenalkan berbagai tombol shortcut keyboard untuk menavigasi fitur baru yang diusung oleh Windows 10 seperti virtual desktop dan juga layanan asisten virtual, Cortana. Berikut adalah daftar beberapa tombol shortcut keyboard paling penting di Windows 10 yang patut Anda ketahui sebelum meng-instal sistem operasi tersebut:

  1. Jika Anda menekan tombol Windows Key (Winkey) dan tombol Tab secara bersamaan itu berarti Anda sedang mengaktifkan Task View.
  2. Jika Anda menekan tombol Windows Key (Winkey) dan tombol huruf A secara bersamaan itu berarti Anda sedang mengaktifkan Action Center.
  3. Jika Anda menekan tombol Windows Key (Winkey) dan tombol huruf C secara bersamaan itu berarti Anda sedang mengaktifkan Cortana dengan suara.
  4. Jika Anda menekan tombol Windows Key (Winkey) dan tombol huruf D secara bersamaan maka secara otomatis Anda akan langsung menuju layar desktop.
  5. Jika Anda menekan tombol Windows Key (Winkey) dan tombol huruf E secara bersamaan itu berarti Anda sedang membuka File Explorer.
  6. Jika Anda menekan tombol Windows Key (Winkey) dan tombol huruf G secara bersamaan itu berarti Anda sedang mengaktifkan games Xbox dan secara otomatis juga akan merekam setiap permainan bahkan mengambil potongan gambar dari games yang Anda mainkan.
  7. Jika Anda menekan tombol Windows Key (Winkey) dan tombol huruf H secara bersamaan itu berarti Anda sedang mengaktifkan fitur berbagi pada Windows 10.
  8. Jika Anda menekan tombol Windows Key (Winkey) dan tombol huruf I secara bersamaan itu berarti Anda sedang membuka menu Pengaturan Windows 10.
  9. Jika Anda menekan tombol Windows Key (Winkey) dan tombol huruf K secara bersamaan itu berarti Anda sedang mengaktifkan fitur Connect untuk streaming, untuk menampilkan tampilan secara nirkabel, dan mengatur audio.
  10. Jika Anda menekan tombol Windows Key (Winkey) dan tombol huruf L secara bersamaan itu berarti Anda sedang mengunci mesin.
  11. Jika Anda menekan tombol Windows Key (Winkey) dan tombol huruf P secara bersamaan itu berarti Anda sedang memproyeksikan layar.
  12. Jika Anda menekan tombol Windows Key (Winkey) dan tombol huruf R secara bersamaan itu berarti Anda sedang meminta sistem untuk menjalankan perintah.
  13. Jika Anda menekan tombol Windows Key (Winkey) dan tombol huruf S secara bersamaan itu berarti Anda sedang mengaktifkan Cortana.
  14. Jika Anda menekan tombol Windows Key (Winkey) dan tombol huruf X secara bersamaan itu berarti Anda sedang membuka fitur Power User.
  15. Jika Anda menekan tombol Windows Key (Winkey) dan tombol Kiri/ Kanan/ Atas/ Bawah secara bersamaan maka tampilan bakal menyesuaikan ke setiap sisi layar.
  16. Jika Anda menekan tombol Windows Key (Winkey) dan tombol Ctrl serta tombol huruf D secara bersamaan itu berarti Anda sedang menciptakan virtual desktop yang baru.
  17. Jika Anda menekan tombol Windows Key (Winkey) dan tombol Ctrl serta tombol F4 secara bersamaan itu berarti Anda sedang menutup virtual desktop.
  18. Jika Anda menekan tombol Windows Key (Winkey) dan tombol Ctrl serta tombol Kiri atau Kanan secara bersamaan itu berarti Anda sedang beralih antar virtual desktop.
  19. Jika Anda menekan tombol Windows Key (Winkey) dan tombol Shift serta tombol Kiri atau Kanan secara bersamaan itu berarti Anda sedang memindahkan aplikasi dari satu monitor ke monitor lainnya.
  20. Jika Anda menekan tombol Windows Key (Winkey) dan tombol angka 1/2/3 secara bersamaan itu berarti Anda sedang membuka program yang telah ditandai di taskbar.

(brl/red)