CityApp Appathon ambil ambil bagian kembangkan kota Sidoarjo

CityApp Appathon ambil ambil bagian kembangkan kota Sidoarjo

Techno.id - CityApp Appathon di Sidoarjo adalah bagian dari Microsoft CityNext, sebuah inisiatif global yang berusaha untuk mengubah dan melakukan modernisasi terhadap pelaksanaan operasional dan infrastruktur di berbagai kota.

Salah satu pilar utama CityNext yakni mengikutsertakan masyarakat dengan alat, pelatihan, dan pembinaan yang diperlukan, serta bekerja sama dengan pengusaha lokal untuk mendukung kelancaran inovasi. Appathon membangun momentum dari kompetisi-kompetisi serupa yang dilaksanakan di kota-kota lainnya di Asia termasuk Changchun di Tiongkok, Makassar di Indonesia, dan Kathmandu di Nepal.

Inovasi luar biasa di era perangkat digital saat ini memungkinkan kota-kota dengan pertumbuhan pesat seperti Sidoarjo untuk menumbuhkan ekonomi mereka, mendorong pertumbuhan lapangan pekerjaan, serta menciptakan masyarakat yang modern, aman, berpendidikan, dan sehat, ujar Stefan Sjstrm, Vice President Public Sector, Microsoft Asia.

Microsoft CityNext menggunakan pendekatan yang berpusat pada masyarakat untuk membantu kota-kota di Asia dalam mewujudkan visi ini. Kami sangat senang membantu masyarakat muda Sidoarjo untuk bergerak maju dengan proyek kemenangan mereka dan membuatnya menjadi kenyataan.

Secara global, Microsoft juga memiliki komitmen untuk memberikan pendidikan ilmu komputer bagi generasi muda. Pada bulan September, Microsoft mengumumkan nilai investasi sebesar 75 juta dolar Amerika yang akan diberikan selama tiga tahun ke depan untuk meningkatkan akses pendidikan ilmu komputer bagi seluruh generasi muda, terutama bagi mereka yang berasal dari latar belakang yang kurang terwakili.

Secara keseluruhan, lebih dari 150 pemuda dan pelajar Jawa Timur telah berpartisipasi di Appathon yang berfokus pada teknologi komputasi awan dan mobile. Mereka ditantang untuk membuat solusi modern atas enam isu strategis yang dihadapi oleh kabupaten Sidoarjo, yaitu Populasi/Administrasi Demografis, Pelayanan Air Bersih, Infrastruktur Jalan, Keluhan Pelayanan Publik,Pajak bumi dan bangunan, Pelayanan Lisensi.

Tahun ini adalah pertama kalinya CityNet menyelenggarakan CityApp bersamaan dengan Sidang Komite Eksekutif yang juga diselenggarakan oleh Kabupaten Sidoarjo, di mana sekitar 100 anggota dan partner CityNet, termasuk para walikota, pejabat tinggi kota, dan pemangku kepentingan akan berdiskusi dalam sidang tersebut.

Drs. Ec. Asrofi, MM, Asisten Sekda Tata Pemerintahan & Kesejahteraan Rakyat, Pemkab Sidoarjo mengatakan, Dengan populasi lebih dari 2 juta, Sidoarjo siap menjadi salah satu situs inovasi paling populer di Indonesia di masa yang akan datang. CityApp Appathon merupakan sebuah langkah penting dalam mencapai tujuan kami, yakni menciptakan kota yang terhubung dan layak huni, untuk dapat meningkatkan kualitas hidup seluruh penduduk dan menarik bakat-bakat baru yang akan menyebut Sidoarjo sebagai rumah mereka.

(brl/red)