CEO Facebook beberkan sebab mengapa dirinya cuma digaji Rp13.000/tahun

CEO Facebook beberkan sebab mengapa dirinya cuma digaji Rp13.000/tahun

Techno.id - Mark Zuckerberg sempat mengejutkan publik sekitar awal tahun 2014. Media ramai-ramai memberitakan bahwa saat itu gajinya di Facebook, media sosial yang ia dirikan, hanya Rp13.000 dalam setahun.

Tidak, Facebook tidak bangkrut ataupun Zuck mengalami diskriminasi. Ia memang sengaja melakukannya dengan sebuah alasan. Nah, alasan itu ia ungkap melalui akun Facebook pribadinya di sesi tanya-jawab online Selasa (30/06/15).

"Saya sudah mempunyai cukup uang," ujarnya ketika seorang user bernama Joe Byer menanyakan nominal gajinya yang aneh itu.

Zuck melanjutkan penjelasannya dengan mengatakan kalau bisnis bukan lagi fokus utamanya. Ia menuliskan, "Saat ini, saya hanya memfokuskan diri untuk berbuat baik semampu saya. Jalan utama yang bisa saya lakukan ialah melalui Facebook, dengan memberikan kesempatan pada orang lain untuk saling berbagi dan terhubung dengan dunia." Zuck kini juga terlibat dalam proyek sosial yang ia jalankan di luar Facebook, seperti pendidikan dan filantropi.

"Ada banyak hal di dunia ini yang perlu diperbaiki dan saya hanya beruntung memiliki kesempatan untuk memperbaiki beberapa di antaranya," simpul suami dari Priscilla Chan itu.

Kini, pria kelahiran Mei 1984 itu tercatat sebagai salah satu anggota "Dollar-a-year men", sekelompok orang-orang yang cuma menerima gaji sebesar $1 atau Rp13.000 per tahun. Selain Zuck, ada sejumlah entrepreneur dari bidang teknologi yang mengisi daftar itu, seperti Steve Jobs (Apple), Sergey Brin dan Larry Page (Google), Jerry Yang (Yahoo!), serta Elon Musk (Tesla Motors).

(brl/red)