CEO Apple ingin coding masuk ke kurikulum sekolah

CEO Apple ingin coding masuk ke kurikulum sekolah

Techno.id - Perkembangan teknologi dewasa ini sudah seharusnya berimbas pada revolusi elementer di masyarakat, seperti dari segi pendidikan. Hal ini diamini oleh Tim Cook, CEO Apple. Suksesor Steve Jobs itu bahkan menyarankan agar sekolah mulai mengadopsi coding, atau programming tahap awal, sebagai mata pelajaran umum.

Kepada wartawan Mashable (09/12/15), Cook mengatakan kalau dirinya ingin "coding menjadi mata pelajaran wajib, layaknya Ilmu Sosial, Bahasa Inggris, dan Matematika di tiap kurikulum sekolah negeri."

Untuk merealisasikan cita-cita itu, Cook dan Apple sudah menempuh beberapa penjajakan awal, misalnya mendekati para guru atau pihak terkait lain yang sepemikiran. Namun menurutnya, tetap sekolah dan orangtualah yang harus turun langsung untuk hal ini, karena ia dan Apple lebih berperan sebagai fasilitator.

Ungkapan itu dilontarkan Cook di tengah perhelatan Hour of Code, program Computer Science Education Week yang bekerja sama dengan organisasi non-profit Code.org dan didukung oleh Apple. Perusahaan berlogo apel tergigit itu tercatat sudah tiga tahun terlibat dalam sesi pengenalan coding pada belasan pelajar ini.

(brl/red)