Cara mengubah smartphone Android menjadi scanner

Cara mengubah smartphone Android menjadi scanner

Techno.id - Chandra Wijaya

Dunia kerja menuntut seseorang menjadi lebih aktif. Semua tugas yang dibebankan atasan harus segera selesai tepat waktu. Termasuk jika peralatan tidak memadai maka pekerja harus menemukan ide kreatif untuk mencari jalan keluar.

Seperti halnya, jika Anda sedang memerlukan mesin scanner untuk memindai foto atau dokumen. Namun, mesin scanner di kantor Anda sedang tidak dapat digunakan. Jika sudah begini, Anda tak perlu panik karena Anda dapat mengandalkan smartphone Android untuk menggantikan peran mesin scanner. Bagaimana caranya?

Untuk memfungsikan smartphone sebagai scanner, Anda dapat menggunakan bantuan dua aplikasi yang disediakan secara gratis di Google Play Store. Aplikasi tersebut antara lain, Google Drive dan CamScanner.

Bila Anda bingung cara menggunakan dua aplikasi tersebut, Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut.

Google Drive

Aplikasi Google Drive biasanya sudah menjadi aplikasi wajib di Android, jadi Anda tinggal menggunakannya saja. Anda cukup membuka aplikasi tersebut dan pilih tombol "scan". Nah, dari sana Anda dapat mengambil foto dokumen yang akan Anda scan. Setelah Anda melakukan pemindaian dokumen, hasilnya akan langsung diubah menjadi file berformat PDF. Selain itu, Anda juga dapat mengandalkan fitur (OCR) Optical Character Recognition untuk mencari teks dari dokumen yang Anda foto tadi.

(brl/red)