Bus listrik Proterra, era baru transportasi publik

Bus listrik Proterra, era baru transportasi publik

Techno.id - Saat ini banyak produsen otomotif dunia berlomba-lomba menciptakan mobil listrik untuk menjawab kebutuhan akan mobil masa depan yang lebih ramah lingkungan. Seraya ingin meramaikan tren yang sedang sangat berkembang ini, People sebuah perusahaan rintisan asal Amerika menciptakan bus listrik yang dijuluki Proterra.

Seperti dikutip dari FastCompany (4/10/15), Proterra disebut-sebut sebagai salah satu era baru transportasi publik. Pasalnya, selain ramah lingkungan karena tak menghasilkan karbon, jelaga, dan karsinogen, Proterra juga dapat melaju mulus hingga jarak 415,2km atau lebih jauh dari bus-bus konvensional.

Bus listrik Proterra, era baru transportasi publik

Keunggulan Proterra tak berhenti sampai di situ saja. Menurut People, bus listrik ini di desain dengan detail yang sangat baik untuk mendukung konsep ramah lingkungan yang diusung kendaraan berbahan dasar listrik selama ini.

Misalnya saja penggunaan serat karbon untuk bodi yang diklaim membuat bus jadi lebih ringan, sehingga bisa melaju dengan kencang dan tak menghabiskan banyak energi baterai. Selain itu, Proterra juga dilengkapi dengan manajemen baterai terbaik yang dapat menyimpan energi lebih banyak dan lama, sehingga tak menghabiskan waktu saat pengisian.

Bus listrik Proterra, era baru transportasi publik

Pihak People mengungkapkan, bus listrik rancangannya ini bakal segera digunakan oleh Fothill Transit, sebuah perusahaan bus yang melayani rute di Southern California, Amerika Serikat. Pihak People menargetkan, dalam lima hingga enam tahun ke depan Proterra sudah bisa digunakan di seluruh negara di dunia.

(brl/red)