Benarkah Apple akan investasi tambang timah di Indonesia?

Benarkah Apple akan investasi tambang timah di Indonesia?

Techno.id - Sepertinya, produksi iPhone akan lebih ditingkatkan oleh Apple. Hal ini diketahui dari keinginan Apple yang kabarnya akan membenamkan investasinya di sektor pertambangan timah di Indonesia. Bahkan, Presiden RI Jokowi direncanakan bakal segera menemui sejumlah bos besar Apple, salah satunya CEO Apple, Tim Cook yang kemungkinan akan membicarakan hal ini.

Kunjungan Presiden RI pada tanggal 25 Oktober 2015 ke perusahaan teknologi dunia ini kemungkinan akan membahas perihal investasi tambang timah Apple di Bangka Belitung. Timah ini nantinya akan digunakan oleh Apple sebagai bahan baku salah satu produknya, yaitu iPhone.

Namun, kabar yang beredar ini belum sepenuhnya benar. Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Rudiantara, salah satu Kementerian yang menjalin hubungan intens dengan Apple belum mendapat kabar soal investasi tersebut. Dia pun langsung menepis kabar yang mengatakan Apple akan berinvestasi tambang timah di Indonesia.

"Tak ada pembicaraan soal timah. Apple cuma menyampaikan pandangan mereka untuk membangun pusat research and development seperti yang telah mereka lakukan di negara Brazil," kata Rudiantara di Jakarta, seperti yang dilansir oleh Merdeka (20/10/15).

Di lain kesempatan, Rudiantara sempat mengatakan bahwa Apple itu sebenarnya ingin berinvestasi di Indonesia, namun belum jelas model investasinya seperti apa. Yang pasti, investasi tersebut ditujukan untuk pusat pengembangan riset.

"Mereka itu mengusulkan seperti itu dengan model seperti yang ada di Brazil. Mereka mau adopsi ke Indonesia. Detailnya, lihat saja nanti," katanya belum lama ini.

(brl/red)