Beda dengan yang lain, Apple Car bakal adopsi ban pintar ini

Beda dengan yang lain, Apple Car bakal adopsi ban pintar ini

Techno.id - Bagi mereka yang eksis dalam ranah otomotif, pastilah tak asing dengan nama Goodyear. Produsen ban yang lama malang melintang dalam dunia otomotif tersebut baru saja memperkenalkan varian terbarunya yang dinilai cukup menghebohkan.

Bagaimana tidak, ban model baru yang diperkenalkan pada gelaran Geneva Motor Show tersebut memang didesain untuk kendaraan masa depan. Seperti yang telah diberitakan oleh AppleCarFans pada hari Rabu (09/03/16) lalu, ban ini memang diperuntukkan bagi kendaraan yang memiliki fitur full autonomous di masa yang akan datang.

Idealnya, kendaraan self driving akan lebih luwes ketika bisa berjalan sesuai dengan komputer yang mengaturnya. Artinya, kecelakaan yang terjadi di jalanan bisa dikurangi jika kendaraan memiliki kemampuan lebih gesit untuk menghindarinya.

Beda dengan yang lain, Apple Car bakal adopsi ban pintar ini

Penampang ban Eagle-360
2016 applecarfans.com/applecarfans.com

Kabarnya, Apple juga bakal mengadopsi ban berteknologi ini pada besutannya, Apple Car. Apa yang membuatnya begitu istimewa? Ada 2 jenis ban yang diluncurkan dalam event tersebut yaitu Eagle-360 dan Intelligrip.

Eagle-360 tak lagi menggunakan as roda. Karenanya, ia bisa berputar ke arah manapun dengan sudut 360o. Ban ini menempel pada bagian bawah mobil menggunakan magnet. Kemampuannya bergerak 360o membuatnya mudah saat melakukan parkir, atau pun saat menghindari kendaraan dan kecelakaan yang terjadi di jalanan.

Sedangkan Intelligrip memang dibekali sensor yang sama dengan varian Eagle-360, namun bentuknya tidaklah bulat. Ban pintar ini masih berbentuk bundar seperti ban konvensional yang biasa Anda jumpai pada kendaraan masa kini. Untuk lebih jelasnya, simak saja videonya berikut ini...

(brl/red)