Bahaya, telah ditemukan malware di Apple App Store!

Bahaya, telah ditemukan malware di Apple App Store!

Techno.id - Dalam seminggu terakhir, ada fakta mengejutkan yang berhasil diungkap oleh sekelompok developer asal Tiongkok. Mereka melaporkan bahwa ada malware pada iOS yang telah menyusup ke App Store. Kemunculan malware yang dijuluki XcodeGhost itu dicurigai berasal dari penggunaan Xcode non-official.

Seperti dilansir oleh NeoWin.net (19/09/15), kasus yang juga sudah dikonfirmasi oleh Palo Alto Networks, firma pengamanan dari Amerika Serikat, ini sudah ditemukan di sejumlah aplikasi buatan Tiongkok. Hal ini ditengarai berawal dari terlalu lazimnya developer dari Tiongkok, maupun beberapa negara lain, untuk menggunakan Xcode yang bukan atau tidak resmi dari Apple. Server Apple di negara tertentu itu diklaim terlalu sulit diakses, sehingga developer tidak mudah mendapatkan tool untuk pengembangan aplikasi iOS itu.

Menurut sumber yang sama, ada 39 aplikasi dari App Store yang terdeteksi dibuat dari Xcode bermasalah itu. Kategorinya pun beragam, mulai dari banking, jejaring sosial, hingga game, di antaranya WeChat dan Didi Chuxing (aplikasi sejenis Uber dari Tiongkok). Bahayanya, puluhan aplikasi itu lolos dari pengawasan ketat Apple.

Sejauh ini yang bisa dilakukan apabila Anda adalah seorang user adalah menghapus aplikasi tersebut dan memantau terus update terbaru dari developer bersangkutan. Di sisi lain jika Anda adalah developer, baiknya Anda hanya menggunakan Xcode atau tool lain yang langsung diberikan oleh Apple saja.

(brl/red)