ATM di Indonesia mudah dibobol?

ATM di Indonesia mudah dibobol?

Techno.id - Kelihaian pembobol ATM yang belum lama ini meresahkan warga Indonesia menjadi buah bibir di seantero negeri. Saking hebatnya, pembobol dari Bulgaria ini menggunakan teknik skimming yang memungkinkan dirinya dapat menggasak semua uang di ATM tanpa harus merusaknya.

Teknik skimming sendiri merupakan teknik membobol ATM di mana pencuri akan menyematkan pembaca kartu di mulut ATM dan kamera kecil untuk mengintip pin pad. Jadi, saat ini pembobol ATM tidak perlu membawa kabur mesin ATM, mereka cukup menyalin data kartu ATM dari nasabah kemudian pembobol bisa menguras uang para nasabah dengan mudah.

Para pembobol tersebut cukup menggunakan beberapa alat di antaranya perangkat komputer, router, pembaca kartu magnetik, kartu magnetik, dan kamera kecil. Parahnya lagi, beberapa perangkat untuk membobol ATM ini sangat mudah sekali didapatkan di Indonesia.

Ruby Alamsyah selaku pakar IT dari Infosec Consultant mengatakan bahwa sistem keamanan ATM di Indonesia terkait dengan modus skimmer ternyata belum optimal.

Dia juga menambahkan, "Sepertinya kejahatan ATM semacam ini telah berevolusi dari teknik manual skimming ke teknik wireless." Jika pembobol sudah menggunakan teknik wireless, kejahatannya akan semakin sulit terendus oleh petugas. Pasalnya, para penjahat tidak perlu mengambil uang secara fisik dan manual, melainkan bisa mendapat data kartu dan video pin pad nya melalui jaringan nirkabel.

Dilansir Techno dari Merdeka (22/04/2015), untuk menanggulangi kejahatan semacam ini, pihak bank bisa menyediakan Physical Security yang selalu berjaga atau mengecek kondisi ATM agar terhindar dari pelaku skimmer.

(brl/red)