Apple Watch diprediksi membawa keuntungan besar bagi Apple

Apple Watch diprediksi membawa keuntungan besar bagi Apple

Techno.id - Dalam waktu yang cukup lama, iPhone adalah satu-satunya produk yang selama ini selalu sukses membawa keuntungan besar bagi Apple. Namun kini semenjak produk fenomenal terbarunya mulai dikenal dunia, Apple Watch diprediksi juga bakal sukses dan mampu menggantikan posisi iPhone sebagai produk yang akan membawa keuntungan besar bagi perusahaan.

Setidaknya itulah hasil dari sebuah cacatan penelitian baru dari seorang analis bernama Carl Howe dari Think Big Analytics. Analis ini mempercayai bahwa Apple Watch akan membawa keuntungan lebih dari 60 persen.

Howe mencatat, pendorong utama yang membawa keuntungan sangat besar bagi Apple adalah varian Apple Watch itu sendiri. Di mana varian dari Apple Watch tidak menghabiskan biaya yang terlalu banyak meskipun salah satu dari varian dihargai sebesar USD 10.000 per unitnya (sekitar Rp. 130 jutaan).

Dalam catatan Howe, Sport adalah varian Apple Watch yang paling populer di mana varian ini dibanderol dengan harga yang dijangkau pasar menengah serta biaya pembuatan yang murah. Selain itu, varian Gold juga sangat menguntungkan karena sebenarnya perusahaan hanya mengeluarkan biaya untuk mengganti bahan material.

Faktor lainnya menurut Howe yang cukup menunjang adalah kompetitor. Howe meyakini bahwa Apple dan produk Apple Watch sangat berbeda dengan kompetitor lainnya. Apple Watch diyakini tidak akan mengalami harga jatuh atau penurunan harga karena nama Apple sebagai produk individu yang populer.

Howe memperkirakan bahwa Apple sejauh ini telah sukses menjual sedikitnya 40.000 unit Apple Watch. Memang 40.000 bukanlah jumlah yang besar, namun Howe mengingatkan bahwa setiap unit Apple Watch yang dijual pada dasarnya adalah laba murni. Sebagai gambaran, walaupun Apple hanya menjual sebanyak 5.000 unit saja, Apple masih bisa mendapatkan keuntungan sebesar USD 50 juta (sekitar Rp. 648 miliar) hanya dari Apple Watch.

(brl/red)