Apple, Huawei, dan Xiaomi terus curi pasar smartphone Samsung

Apple, Huawei, dan Xiaomi terus curi pasar smartphone Samsung

Techno.id - Masih tingginya penjualan ponsel ber-OS Android membuat sejumlah vendor kian berkembang. Bahkan, beberapa nama seperti Huawei dan Xiaomi sudah mulai mengusik si raksasa, Samsung.

Hal ini terbukti dari analisis pasar smartphone dunia yang dilakukan oleh Gartner. Dalam pengamatan terbarunya pada kuartal kedua 2015 ini, Gartner mengabarkan kalau Huawei dan Xiaomi adalah dua dari lima produsen smartphone teratas yang market share-nya terus bertambah dari tahun lalu. Huawei kini memegang pangsa sebesar 7,8 persen, naik 1,7 persen daripada Q2 2014. Sementara kompatriotnya, Xiaomi, sanggup menggenggam 4,9 persen, atau tumbuh 0,6 persen.

Di sisi lain, dominasi pasar Samsung malah menurun, dari 26,2 persen di kuartal kedua 2014 menjadi 21,9 saja saat ini.

Di bawah Samsung, ada Apple yang menguntit dengan pertumbuhan market share yang juga terus membaik. Perusahaan yang dinakhodai oleh Tim Cook itu kini memiliki 14,6 persen dari pangsa pasar smartphone dunia, naik dari 12,2 persen dari tahun lalu.

Selengkapnya tersaji dalam tabel buatan Gartner berikut seperti dikutip dari rilis pers mereka (20/08/15):

Apple, Huawei, dan Xiaomi terus curi pasar smartphone Samsung
Statistik penjualan smartphone dunia berdasarkan produsennya 2015 Gartner

Dengan peta kekuatan yang sedikit demi sedikit terus berubah ini, apakah Anda yakin posisi Samsung kelak bakal digeser oleh Apple atau vendor asal Tiongkok?

(brl/red)