Apple dilaporkan akan bangun kampus kedua di Silicon Valley

Apple dilaporkan akan bangun kampus kedua di Silicon Valley

Techno.id - The Silicon Valley Business Journal (01/10), baru saja melaporkan bahwa Apple telah mencapai kesepakatan akhir dalam membangun kampus keduanya di Silicon Valley. Kali ini, kampus megah nan mewah berbentuk pesawat luar angkasa tersebut berlokasikan di Sunnyvale, California.

Menurut media lokal itu, Apple disebutkan akan menyewa sebuah kompleks baru bernama Central & Wilfe dari Landbank Investments LLC. Kedua pihak ini pun diyakini sudah bernegosiasi sejak dua bulan lalu. Hanya saja, waktu konstruksi masih belum ditentukan hingga saat ini.

Di kompleks seluas 1.800 meter ini, gambar menunjukkan bahwa Apple akan membangun kampus keduanya dengan model tiga bangunan utama berbentuk melingkar yang saling terhubung. Masing-masing bangunan memiliki atrium pusat dan sebagian besarnya akan menggunakan model atap terbuka.

Di dalamnya, akan ada berbagai fasilitas seperti kafetaria, coffee bar, bank, fitness center, gedung konferensi, ampiteater berkapasitas 500 orang, dan masih banyak lagi. Selain itu, juga akan ada sebanyak 2.582 tempat parkir. 12 di antaranya berada di atas tanah, dan sisanya (2570) di bawah tanah.

Belum diketahui secara pasti berapa besar biaya yang telah disiapkan oleh pihak perusahaan berlogo apel tergigit tersebut untuk membangun kampus keduanya. Namun mengingat gambar dan fasilitas yang disediakan, besar kemungkinan jika Apple bakal menggelontorkan dana hingga miliaran dollar AS.

Hal menariknya, kampus kedua yang diperkirakan dapat menampung hingga 3.000 orang ini terletak berdekatan dengan gedung raksasa internet Google. Lebih tepatnya, terletak di halaman belakang Google karena lokasinya tepat berada di seberang California Central Expressway di Mountain View.

(brl/red)