Apple beli pabrik tak berpenghuni seharga Rp253 miliar

Apple beli pabrik tak berpenghuni seharga Rp253 miliar

Techno.id - Hampir bersamaan dengan munculnya kabar dibukanya laboratorium produksi anyar Apple di Taiwan untuk mengembangkan teknologi layar, BizJournals.com (14/12/15) menuliskan kalau Apple telah membeli sebuah pabrik di San Jose, California. Harga untuk menebus pabrik chip bekas Maxim Integrated Products itu mencapai Rp253 miliar.

Belum jelas akan digunakan sebagai apa pabrik seluas 6,5km persegi itu. Kemungkinan, pabrik itu akan digunakan untuk memproduksi chip dalam volume kecil atau sekadar prototipe. Opsi lain ialah pabrik itu hanya dijadikan lokasi tes produk chip saja.

Apple beli pabrik tak berpenghuni seharga Rp253 miliar
Penampakan pabrik yang baru dibeli oleh Apple 2015 atreg.com

Kendati sudah memiliki fasilitas produksi di dalamnya, standarnya dirasa tak selevel dengan prosesor canggih saat ini. Chipset A9, misalnya, mempunyai transistor 14 nanometer dan 16 nanometer, sementara di pabrik itu cuma ada peralatan produksi transistor 600 nanometer hingga 90 nanometer.

Yang menarik, pabrik yang berdiri di kawasan Silicon Valley itu berdekatan dengan Samsung Semiconductor. Sebagaimana diketahui, Samsung adalah penyuplai utama chipset termutakhir A9 buatan Apple.

(brl/red)