Aplikasi blokir iklan iOS 9 ganggu pengalaman belanja online

Aplikasi blokir iklan iOS 9 ganggu pengalaman belanja online

Techno.id - Salah satu inovasi besar pada sistem operasi iOS 9 adalah aplikasi blokir iklan yang untuk Safari. Namun, dilansir oleh Cultofmac.com (24/09/15), situs e-commerce juga terkena dampak dari fitur baru ini.

Sebuah laporan menyebutkan jika aplikasi blokir iklan untuk Safari seperti Crystal menyebabkan gangguan pada situs-situs e-commerce. Hal ini tentu saja akan mengganggu pengalaman berbelanja penggunanya karena beberapa fitur penting pada situs e-commerce tidak bekerja dengan baik. Sejatinya, situs e-commerce memang mengandalkan iklan untuk mencari pendapatan perusahaan.

Aplikasi blokir iklan iOS 9 ganggu pengalaman belanja online

"Musim liburan mendatang sebagian besar e-commerce akan hadir melalui perangkat mobile. Namun, aplikasi blokir iklan akan banyak menyebabkan masalah. Pertama pengalaman belanja pengguna akan berkurang karena situs kehilangan konten serta banyak merusak link. Bahkan pengguna akan kesulitan untuk memasukkan item tertentu ke dalam keranjang belanja. Pengguna akan berpikir jika situs e-commerce tersebut yang rusak, tanpa mereka sadari aplikasi blokir iklan adalah penyebabnya," ujar Chris Mason, CEO Branding Brand dikutip dari Cultofmac.com (24/09/15).

Selain itu, dikatakan juga jika fitur baru milik Apple tersebut akan mengganggu efektivitas Google Analytic dan Adobe Omniture sehingga toko online atau e-commerce tidak dapat membaca perilaku pelanggan mereka.

(brl/red)