Apa saja sih faktor pendorong pertumbuhan m-commerce?

Apa saja sih faktor pendorong pertumbuhan m-commerce?

Techno.id - Penggunaan aplikasi mobile yang terus meluas membukakan peluang besar bagi banyak pihak yang terlibat. Tak cuma developer, pelaku e-commerce pun bisa tumbuh jika mampu memanfaatkan tren ini dengan maksimal.

Kun Arief Cahyantoro mengatakan tahun 2016 ini adalah tahun emasnya pertumbuhan aplikasi mobile. Tak tanggung-tanggung, pengamat e-commerce itu memprediksi pertumbuhan aplikasi mobile dapat mencapai 45 persen, asalkan faktor pendukungnya dilibatkan.

"Pertumbuhan aplikasi mobile tentu saja dipengaruhi oleh beberapa hal, seperti inovasi teknologi, perkembangan bisnis, serta peningkatan fasilitas keamanan," terang pria yang juga menjabat sebagai Kepala Bidang Ketahanan Informasi Desk Cyber Polhukam RI.

Begitu bisa dioptimalkan, aplikasi mobile bakal membawa beragam keuntungan bagi pelaku e-commerce. Salah satunya ialah menjangkau dan memeluk konsumen lebih erat berkat segmentasi yang tepat.

Keamanan juga menjadi syarat yang tak boleh disepelekan di sini. Agar konsumen tak berpaling, setidaknya online marketplace menyanggupi untuk memberikan pengamanan yang optimal demi kebaikan bersama.

"Untuk mendukung kelancaran transaksi, perusahaan perlu mengimplementasi sistem keamanan yang lebih terjamin di perangkat ponsel pintar dibanding platform peralatan mobile lainnya seperti komputer maupun laptop," demikian terang Kun seperti dikutip dari rilis pers Lazada yang diterima Techno.id (22/02/16).

(brl/red)