Angkutan umum self driving segera beredar, serius?

Angkutan umum self driving segera beredar, serius?

Techno.id - Tak lama lagi, impian banyak orang tentang kendaraan umum berteknologi self driving bakal menjadi kenyataan. Transportasi umum otomatis ini sedang dikembangkan dan didanai oleh Persatuan Uni Eropa.

Seperti yang telah diberitakan oleh Tech Insider pada hari Selasa (10/11/15), angkutan umum ini bakal rilis untuk pertama kalinya di Yunani. Kendaraan ini bakal telah diuji coba di Trikala, salah satu kota kecil yang terletak di Yunani.

IFL Science bahkan melaporkan bahwa angkutan umum pintar ini muat untuk 10 orang penumpang. Para penumpang juga tak perlu khawatri akan keamanan kendaraan ini karena kecepatan tertingginya hanyalah 19 km/h.

Angkutan umum self driving segera beredar, serius?

Kendaraan yang didesain oleh EasyMile yang bernama EZ10 ini dibekali dengan teknologi laser, kamera, serta GPS sebagai alat navigasi. Tanpa pengemudi, EZ10 akan berkeliling kota sesuai dengan rute yang telah ditetapkan.

Kendaraan ini rencananya juga bakal mengunjungi Vantaa, Finlandia, serta bakal dijadikan sebagai kendaraan pengangkut dalam sebuah kampus di Lausanne, Switzerland.

Angkutan umum pintar ini mengadaptasi teknologi yang bernama Citymobil2, sebuah autonomous pilot untuk kendaraan umum yang didanai oleh Persatuan Uni Eropa. EasyMile sendiri adalah nama perusahaan hasil duet perusahaan robot bernama Robosoft dan sebuah karoseri mobil yang bernama Ligier Group.

Teknologi yang sama telah dibawa ke Belanda dan berjuluk WEPods. EZ10 adalah penerus WEPods. Rencananya, pada musim panas 2016 nanti, EZ10 sudah bisa dipaki publik di California Utara dan Singapura.

via GIPHY

(brl/red)