Amazon patenkan unlock smartphone baru menggunakan daun telinga

Amazon patenkan unlock smartphone baru menggunakan daun telinga

Techno.id - Belum lama ini, Amazon mengeluarkan gebrakan baru terkait sistem pembuka kunci smartphone. Amazon meluncurkan teknologi pembuka kunci smartphone menggunakan bentuk daun telinga. Sistem pembuka kunci yang belum pernah ada ini telah dipatenkan oleh Amazon sebagai unlock smartphone tanpa memasukkan password atau pola.

Fitur yang disematkan pada teknologi ini hampir sama dengan sistem pembuka kunci menggunakan sidik jari. Hanya saja, untuk yang yang satu ini memakai daun telinga. Bentuk daun telinga setiap manusia disinyalir berbeda satu sama lain. Oleh karena itu, Amazon meyakini bila sistem ini dapat menjadi sistem keamanan baru bagi pembuka kunci smartphone.

Dalam penerapannya, Amazon mengandalkan kamera depan ponsel untuk menangkap gambar telinga manusia. Setelah itu, sistem akan memproses gambar dan mencocokkannya dengan bentuk daun telinga pemilik ponsel. Nantinya, pengguna tak perlu memasukkan sandi, sidik jari, dan pola untuk membuka smartphone, melainkan cukup dengan menempelkan ponsel pada telinga.

Selain itu, ke depannya sistem yang dipatenkan Amazon ini bisa juga menyesuaikan volume speaker dengan menentukan jarak antara ponsel dan telinga pengguna.

Di sisi lain, sepertinya sistem pembuka kunci yang akan tenar pada Android adalah sensor pemindai sidik jari. Lalu, apakah sistem pembuka kunci milik Amazon ini bakal ikut mengekor kepopuleran sistem pembuka kunci menggunakan sidik jari. Kita lihat saja nanti!

(brl/red)