Alphabet berpotensi kalahkan Apple sebagai most valuable company

Alphabet berpotensi kalahkan Apple sebagai most valuable company

Techno.id - Seperti diketahui, Google telah banyak melakukan perubahan besar di sepanjang tahun 2015. Misalnya seperti mengganti logo perusahaan, mengakuisisi beberapa startup teknologi, hingga memecah perusahaan seperti Alphabet.

Sebuah fakta menariknya, Alphabet yang notabene sebagai perusahaan baru kini sudah hampir menyamai Apple dalam hal valuable (perusahaan paling berharga di dunia). Lebih dari itu, Alphabet bahkan berpotensi melebihi Apple.

Menurut laman New York Times (23/01), nilai perusahaan Alphabet kini telah menyentuh angka USD 500 miliar. Jika dikalkulasikan ke dalam kurs rupiah saat ini (sekitar Rp 14.000), maka nilainya dapat mencapai kisaran Rp 6.900 triliun.

Mencuatnya potensi Alphabet sebagai yang diunggulkan, lanjut NY Times, berasal dari faktor iklan Google. Sementara bagi Apple, perusahaan berlogo apel tergigit itu masih cenderung mengandalkan penjualan handset iPhone.

Selain itu, Google saat ini juga tengah menjalankan sejumlah proyek besar dan potensial secara bersamaan. Mereka adalah mobil self-driving Google, Robot Google, proyek internet cepat seperti Google Project Loon, dan masih banyak lagi.

(brl/red)