Akuisisi terhadap Sharp sebentar lagi tuntas, dengan catatan...

Akuisisi terhadap Sharp sebentar lagi tuntas, dengan catatan...

Techno.id - Kalau tidak ada aral melintang kembali, Foxconn siap menuntaskan akuisisi terhadap salah satu perusahaan terbesar dan tertua di Jepang, Sharp. Menurut laporan dari Reuters.com (25/03/16), deal di antara keduanya bakal dituntaskan minggu depan.

Namun, Foxconn hanya akan menyerahkan mahar sekitar Rp11,7 triliun saja. Padahal beberapa lalu, sempat diisukan tawaran yang diajukan perusahaan asal Taiwan itu mencapai Rp84 triliun.

Proses akuisisi Sharp ini sebenarnya sudah dimulai sejak Februari 2016. Akan tetapi, keduanya belum mencapai mufakat karena beberapa hal. Salah satu penyebab utamanya adalah adanya tagihan tambahan berbentuk kewajiban kontinjensi senilai Rp41,5 triliun.

Selain menguntungkan Foxconn, bergabungnya Sharp juga bisa berimbas baik pada Apple. Ya, raksasa Cupertino itu sampai sekarang tercatat sebagai konsumen komponen layar terbesar Foxconn. Sharp sendiri dikenal sebagai produsen LCD berpengalaman.

Foxconn dulunya bernamaHon Hai Precision Industry Co., Ltd. Perusahaan yang berdiri tahun 1974 itu telah melayani beragam klien kelas kakap diindustri teknologi. Selain Apple, produk Foxconn pernah digunakan oleh BlackBerry, Nokia, hingga Sony untuk consolePlayStation 4 dan Playstation 3-nya.

(brl/red)