Akankah wajah orang lain bisa dijadikan password smartphone?

Akankah wajah orang lain bisa dijadikan password smartphone?

Techno.id - Ada saja cara yang dilakukan seseorang untuk melindungi data-data pribadi pada gagdetnya. Memanfaatkan fitur keamanan seperti pemindaian sidik jari sampai membuat kombinasi karakter yang rumit pada password adalah cara-cara yang lumrah dilakukan oleh sebagian orang untuk meningkatkan keamanan gadgetnya. Namun, tahukah Anda jika ada sebuah penelitian yang menemukan suatu cara baru untuk melindungi data-data pada gadget Anda.

Ya, sebuah penelitian yang dilakukan oleh Rob Jerkins dan rekan-rekannya dari University of York, menemukan sebuah sistem baru keamanan pada gadget dengan memanfaatkan kemampuan otak dalam mengenali wajah yang dikenal dengan sebutan FaceLock. FaceLock dirancang berdasarkan kemampuan manusia untuk mengenali orang yang dikenal; bahkan ketika Anda tidak bertemu dengan orang tersebut dalam waktu yang lama. FaceLock mengintegrasikan kemampuan ini ke dalam sistem otentikasi identitas.

Seperti dilaporkan oleh DiscoverMagazine (7/3/15), nantinya sistem ini akan menyajikan tampilan berupa sembilan gambar wajah. Salah satu dari gambar yang berada di setiap kolom adalah gambar wajah orang yang Anda kenal. Anda hanya perlu menekan setiap gambar wajah yang familiar tersebut untuk dapat mengakses aplikasi yang terdapat dalam gadget Anda.

Akankah wajah orang lain bisa dijadikan password smartphone?

Kendati penelitian ini menyakinkan bahwa sistem akan dapat melindungi data-data pada gadget Anda dengan cara yang paling aman. Namun akan selalu ada kekhawatiran yang muncul, seperti bagaimana jika ada orang lain yang juga mengenal gambar wajah-wajah yang Anda gunakan untuk melindungi data pada gadget Anda ini? Dalam uji coba terhadap sistem keamanan ini, dilaporkan bahwa kemungkinan ada orang yang akan meretas smartphone Anda karena juga mengenali gambar wajah tersebut sangatlah kecil. Oleh karena itu, peneliti berani menjamin bahwa sistem otentikasi ini cukup aman untuk digunakan.

Kendati demikian, sebagian besar orang masih sangsi terhadap kecanggihan sistem keamanan ini. Pasalnya, apakah sistem seperti ini nantinya malah akan merepotkan pengguna, karena seperti Anda tahu bahwa idealnya suatu fitur keamanan seperti password harus selalu diganti untuk meningkatkan keamanannya. Jadi, akankah wajah adalah solusi tepat untuk melindungi data-data penting pada gadget Anda?

(brl/red)