Ada malware berkedok lamaran kerja dan akan peras Anda sampai Rp9 juta

Ada malware berkedok lamaran kerja dan akan peras Anda sampai Rp9 juta

Techno.id - Jika Anda menerima surel yang tak jelas asal-muasalnya, pertimbangkan dulu untuk tidak membukanya, walaupun si pengirim menjanjikan penawaran menggiurkan. Sebab, link yang disertakan itu bisa saja adalah malware yang mungkin bakal merugikan Anda.

Ya, praktik seperti ini memang sudah lama ada. Namun Anti-Botnet Advisory Centre, layanan dari Asosiasi Industri Internet Jerman, telah mengidentifikasi sebuah ransomware baru bernama Chimera. Malware jenis ini bekerja dengan mencuri data pribadi korban untuk kemudian menebar ancaman pada yang bersangkutan untuk membayar tebusan kalau tak ingin data pribadinya disebar di internet.

Yang membuat geram, Chimera ini ditujukan khusus untuk menyerang pegawai perusahaan. Dikutip dari ComputerWorld.com (05/11/15), si pembuat ransomware ini akan mengirimkan email tipuan ke pegawai-pegawai tertentu dengan kedok sebagai lamaran pekerjaan atau tawaran bisnis. Email itu juga mencantumkan link ke sebuah file yang diunggah di Dropbox.

Begitu ransomware itu 'dilepaskan', file-file lokal di komputer atau laptop korban akan dienkripsi. Setelah perangkat yang terinfeksi itu reboot untuk pertama kalinya, bakal muncul sebuah catatan tebusan di dekstop user. Si penjahat maya meminta tebusan sekitar Rp9 juta di Bitcoin untuk mendekripsi file user. Seperti kebanyakan ransomware, Chimera mengintimidasi korban dengan menyebarkan file pribadi mereka ke internet kalau tebusan tak dibayarkan.

Sumber di atas memang belum menampilkan angka korban dari Chimera ini, sehingga level ancamannya belum bisa diukur. Namun, tentu akan ada baiknya jika Anda berhati-hati jika mengalami jebakan yang mirip dengan paparan di atas.

(brl/red)