5 Kesalahan chatting yang jarang disadari dan sebaiknya dihindari

5 Kesalahan chatting yang jarang disadari dan sebaiknya dihindari

Techno.id - Kebiasaan chatting pada aplikasi media sosial terkadang membuat seseorang tak menyadari bahwa cara yang mereka lakukan itu salah. Walaupun kesalahan tersebut tak terlalu fatal, tetapi akibat yang ditimbulkan bisa saja membuat teman Anda merasa sakit hati atau jengkel.

Jangan sampai kesalahan yang tak disadari ini menjadi suatu kebiasaan yang dapat memperburuk hubungan Anda dengan orang lain. Berikut beberapa kesalahan dalam chatting yang jarang disadari dan sebaiknya dihindari oleh semua orang, seperti yang disadur dari Lifehack (21/2/2016).

Membalas pesan terlalu lama

Saat Anda mengirim suatu pesan, pastinya Anda mengharapkan teman Anda untuk segera membalas pesan tersebut. Hal ini memang sepele, tetapi kalau pesan yang terdapat dalam pesan tersebut begitu penting maka membalas pesan terlalu lama bisa jadi membahayakan.

Membalas pesan begitu singkat

Banyak orang yang tak menyadari bahwa setiap pesan yang mereka kirim ternyata mengandung berbagai persepsi yang tak sama. Misalnya, Anda membalas pesan dengan satu kata 'ya' dianggap biasa. Namun, teman Anda bisa menyangka bahwa Anda tak terlalu berminat dengan perbincangan tersebut.

Sebaiknya, jika teman mengirim teks yang panjang, maka Anda sebisa mungkin harus membalasnya dengan teks yang panjang juga. Hal ini untuk menghormati teman yang mengirim pesan tersebut.

Mengirim pesan tanpa emoticon

Ternyata, penyertaan emoticon dalam chatting itu penting. Pasalnya, pesan yang dikirim saat chatting itu tidak memiliki intonasi suara. Jadi, kemungkinan orang yang menerima pesan dapat mengartikan lain pesan tersebut.

Oleh karena itu, sebaiknya Anda menambahkan sebuah emoticon di akhir kalimat untuk menunjukkan seperti apa pengucapan atau maksud dari pesan tersebut.

(brl/red)