299 Juta domain terdaftar jadi tolak ukur pertumbuhan internet

299 Juta domain terdaftar jadi tolak ukur pertumbuhan internet

Techno.id - Berdasarkan data yang dirilis VeriSign, Inc., jumlah nama domain di internet telah bertambah sekitar 3,1 juta selama kuartal ketiga di tahun 2015, dengan total nama domain yang terdaftar mencapai 299 juta dari seluruh domain tingkat atas atau top-level domains (TLDs) per 30 September 2015 berdasarkan data dari Domain Name Industry Brief.

Peningkatan sekitar 3,1 juta nama domain secara global tersebut menandai pertumbuhan sebesar 1,1 persen dibandingkan kuartal kedua tahun 2015. Jumlah registrasi secara global telah tumbuh sebanyak 14,8 juta atau sekitar 5,2 persen dari tahun ke tahun atau secara year-over-year.

Domain TLDs .com dan .net mengalami pertumbuhan secara agregat selama kuartal ketiga di tahun 2015, di mana jumlah keduanya mencapai sekitar 135,2 juta domain. Jumlah ini mewakili pertumbuhan sebesar 3,4 persen dari tahun ke tahun. Sampai dengan 30 September 2015, nama domain berbasis .com mencapai 120,1 juta nama, sedangkan untuk .net mencapai 15,1 juta nama.

Pada kuartal ketiga, Verisign memproses sebanyak 9,2 juta pendaftaran nama domain baru untuk .com dan .net, di mana ini merupakan peningkatan jika dibandingkan dengan 8,7 juta nama domain yang terdaftar untuk periode yang sama pada tahun 2014.

Selama kuartal ketiga tahun 2015, rata-rata permintaan harian Domain Name System (DNS) Verisign mencapai sekitar 120 juta permintaan di seluruh TLDs yang dioperasikan Verisign, dengan angka tertinggi hampir mencapai 593 juta. Dibandingkan dengan kuartal sebelumnya, rata-rata permintaan harian meningkat delapan persen dengan peningkatan paling tinggi sebanyak 225,3 persen. Setiap tahunnya, jumlah permintaan harian bertambah sebesar 4,8 persen dengan angka peningkatan tertinggi sebesar 86,4 persen.

Data pada Domain Name Industry Brief juga menyoroti hasil penelitian yang dilakukan analis Verisign tentang bagaimana memanfaatkan tren pendaftaran domain untuk menemukan nama domain yang baik. Nama domain telah beralih dari sangat singkat menjadi lebih deskriptif dan mengandung kata kunci. Penelitian Verisign yang tercakup dalam Domain Name Industry Brief mengilustrasikan tren tersebut melalui sebuah pengujian nama domain yang terdaftar pada tahun 2014 untuk menetapkan teknik yang umum digunakan dalam mendaftarkan nama domain.

Verisign menerbitkan Domain Name Industry Brief untuk menyediakan penelitian serta data statistik dan analitik mengenai industri nama domain kepada seluruh pengguna Internet di seluruh dunia. DataDomain Name Industry Brief untuk kuartal ketiga 2015 serta laporan sebelumnya dapat diperoleh diVerisign.com/DNIB.

(brl/red)