2035 Separuh pekerjaan yang ada di jepang akan dikuasai oleh Robot

2035 Separuh pekerjaan yang ada di jepang akan dikuasai oleh Robot

Techno.id - Apakah benar nantinya dunia akan dikuasai oleh robot seperti kisah-kisah dalam film fiksi ilmiah? Kemungkinan itu ada, pasalnya sebuah analisa data Namora Research Institute (NRI) yang dipimpin oleh Yumi Wakao mengatakan jika dalam 20 tahun mendatang tepatnya 2035 semua pekerjaan di Jepang separuhnya akan dikerjakan oleh robot, seperti yang dilansir oleh Engadget.com (04/12/15).

Hal yang sama juga dilakukan oleh Profesor Michael Osborne dari Oxford University, setelah memeriksa lebih dari 600 pekerjaan di Amerika Serikat dan Inggris, menemukan jika 49 persen dari semua pekerjaan tersebut dapat dikerjakan oleh robot.

Wakao juga mengatakan jika semua pekerjaan bisa saja diambil oleh robot-robot ini, sehingga diperlukan kreativitas tinggi dari manusia untuk mendapatkan pekerjaan. Namun dalam waktu dekat, pekerjaan seperti kurir dan sektor pertanian dikatakan sudah bisa menggunakan robot. Walaupun begitu, beberapa pekerjaan seperti menulis dan mengajar masih belum bisa menggunakan robot dalam waktu dekat.

Kendati begitu, Wakao mengatakan jika ini hanya hipotesa dari perhitungan teknis karena belum memperhitungkan faktor-faktor sosial masyarakat. Jika prediksi ini benar, apakah di masa depan manusia akan dituntut lebih kreatif untuk mendapatkan peluang kerja? Bagaimana pendapat Anda?

(brl/red)