2016, industri game seluler di Tiongkok diprediksi bisa ungguli AS

2016, industri game seluler di Tiongkok diprediksi bisa ungguli AS

Techno.id - Di industri game seluler, Tiongkok adalah salah satu pasar yang sangat potensial. Dengan pengguna smartphone yangtelah mencapai 94,5 persen dari total penduduk, jangan heran kalau industri mobile game di sana sangat "basah". Namun, yang menjadi pertanyaan sekarang, sebesar apa kekuatan pasarnya? Apakah Tiongkok berpeluang menggusur Amerika Serikat?

Kans Tiongkok untuk memimpin industri mobile gaming global sebenarnya cukup besar. Itulah yang tercermin dari analisis Newzoo Global Games Market Premium tahun 2015.

Menurut mereka, di tahun 2015 ini saja, keuntungan industri game seluler diperkirakan mencapai Rp82 triliun. Angka itu hanya terpaut sedikit saja dari pendapatan developer mobile game dari Negeri Paman Sam yang ditargetkan mencapai Rp85 triliun.

Bahkan, berkat rekam jejak yang terus meninggi, keuntungan industri mobile game di Tiongkok tahun depan pun diprediksi meningkat hingga Rp104 triliun! Sementara AS diperkirakan cuma mampu menghimpun Rp95 triliun.

Tren keuntungan mobile game di negeri terpadat di dunia itu terus menanjak sejak 2014 hingga setidaknya sampai tahun 2017 mendatang. Detailnya tersedia dari cuplikan infografis yang disadur dari techinfographics.com (14/07/15):

2016, industri game seluler di Tiongkok diprediksi bisa ungguli AS
Prediksi keuntungan industri game seluler di Tiongkok 2015 Go-Globe

Bukti lain yang kian mengukuhkan posisi Tiongkok sebagai pasar game seluler paling subur ialah statistikpengunduh aplikasi iOS terbanyak. Seperti diberitakan sebelumnya, Tiongkok berhasil menggeser posisi AS sebagai negara pengunduh aplikasi dari App Store terbanyak di dunia.

(brl/red)