20 Pengembang muda bertempur di babak akhir The NextDev

20 Pengembang muda bertempur di babak akhir The NextDev

Techno.id - Kompetisi pengembangan konten digital pendukung Smart City milik Telkomsel, 'The NextDev sudah masuki fase penjurian akhir. Di tahap ini terdapat 20 finalis yang merupakan developer muda dari pelbagai daerah di Indonesia yang merupakan hasil seleksi peserta di seluruh Nusantara.

"Saat ini kita telah sampai di masa penjurian akhir, dan kami sangat senang melihat perkembangan dari para developer muda yang mengikuti kompetisi ini. Semoga ke depannya para developer muda ini dapat terus mengembangkan karya-karyanya untuk kemajuan Indonesia, kata Adita Irawati, Vice President Corporate Communications Telkomsel.

Adita pun menjelaskan tahap penjurian ini sebagai moment of truth bagi para pengembang muda yang mengikuti kompetisi The NextDev. Sebab, kemampuan mereka bakalan diuji dari berbagai macam sisi, baik kemampuan manajerial maupun presentasi. Jadi mereka bukan hanya punya kemampuan teknikal dan kreativitas soal pembuatan aplikasi.

Para peserta akan dinilai oleh para juri mengacu kepada beberapa kriteria, diantaranya dalam hal kerja sama tim, produk atau fitur yang ditawarkan, business model yang dipakai, market yang di sasar, dan skalabilitas dari aplikasi tersebut.

Adapun juri-juri yang akan terlibat dalam fase final ini adalah Yansen Kamto (Chief Executive KIBAR), Setiaji (Head of Jakarta Smart City), Suhono Supangkat (Guru Besar ITB dan Inisiator Smart City Initiatives Indonesia), Ivan Cahya Permana (VP Technology and System Telkomsel), Alamanda Shantika (VP of Product GOJEK), Wicak Hidayat (Vice Managing Editor Nextren), Gibran Huzaifah (Founder e-Fishery) dan Stephanie Hermawan (Chief Executive, Marketeers).

Di masa penjurian ini seluruh peserta mendapat kesempatan untuk menampilkan aplikasi andalannya dan melakukan pitching di depan para juri agar dapat terpilih menjadi yang terbaik. Di akhir program, tiga tim terbaik akan mendapatkan hadiah 5M dari Telkomsel, yakni Market Access, Marketing Publicity, Mentoring, Management Trip, dan Money.

Ke-20 finalis ini merupakan mereka yang terpilih dari total sebanyak lebih dari 400 aplikasi yang masuk ke kompetisi The NextDev. Untuk menghadapi penjurian final, sebelumnya para developer muda Indonesia ini telah mengikuti serangkaian program yang memperkaya dan membekali mereka sebagai startups/developer, diantaranya berupa Workshop, One on One Mentoring and Coaching, Training mengenai Presentation Skill, serta finalisasi UI/UX (User Interface/User Experience).

(brl/red)