Dalam 10 Tahun, SanDisk catatkan 2 miliar penjualan microSD

Dalam 10 Tahun, SanDisk catatkan 2 miliar penjualan microSD

Techno.id - Tak terasa 10 tahun sudah, SanDisk, perusahaan solusi penyimpanan flash telah memproduksi teknologi microSD. Dalam malam peringatan 10 tahun munculnya teknologi microSD yang bertajuk Shanghai Mobile World Congress, perusahaan mengklaim bahwa lebih dari dua miliar kartu microSD telah dikirimkan semenjak awal perusahaan berdiri.

Sejak awal diperkenalkan ke publik pada 13 Juli 2005, microSD diklaim sebagai kartu paling laris. Pasalnya satu juta pengiriman telah dikirim pada kuartal pertama ketersediaannya. Kartu microSD diklaim telah memainkan peran penting dalam berbagai pasar konsumer. Sebagai contoh, sebagian besar "point of view" kamera atau kamera action (segmen dengan pertumbuhan tercepat dalam digital imaging) berbasis format microSD.

Bahkan, format microSD juga telah membantu mendorong pasar smartphone dengan memberikan baik produsen maupun konsumen fleksibilitas dan kebebasan yang lebih besar. Sekitar 75 persen dari model smartphone di pasaran saat ini memiliki slot microSD (menurut data Strategy Analytics), salah satunya adalah raksasa teknologi Google yang memasukkan slot microSD di dua segmen produk mobile-nya yakni ponsel Android One dan pada sistem operasi Android M yang kabarnya membolehkan konsumen untuk menjalankan aplikasi secara langsung pada kartu microSD.

"Permintaan untuk penyimpanan terus meningkat. Kita akan segera melihat smartphone dengan lensa multiple-aperture, ponsel yang dapat merekam video UltraHD dan aplikasi untuk mengambil dan melihat lingkungan realitas virtual. Kartu memori microSD juga akan berperan penting dalam pertumbuhan Internet of Things dengan mengurangi penghalang pada eksperimen. 2 milyar ini baru awalnya, dan kami berharap untuk memberikan kontribusi pada teknologi masa depan yang dimungkinkan oleh microSD," kata Shuki Nir, senior vice president, corporate marketing dan general manager, Retail, SanDisk.

Dengan lebih dari 5000 hak paten, SanDisk secara positif memberikan dampak pada banyak pasar melalui inovasi memori flash-nya. Untuk menghargai pencapaiannya tersebut, SanDisk dinobatkan sebagai Top 100 Global Innovator Thompson Reuters 2014, sebuah kehormatan yang diterima perusahaan selama 13 tahun berturut-turut.

(brl/red)