CONNECT WITH US
Indra Cahya |
 2 Agustus 2016 16:04

Suka jadi cyber-bully? Instagram bukan tempat Anda!

Para pengguna Instagram tak akan bisa lagi berkomentar sembarangan di Instagram, karena kolom komentar bisa dimatikan.

Suka jadi cyber-bully? Instagram bukan tempat Anda!

Techno.id - Era internet berjalan beriringan dengan lahirnya budaya bersosialisasi di dunia maya, yang berupa jejaring sosial. Hal ini terlihat menyenangkan di awal. Namun dengan berbagai kemudahan untuk berbicara, terkadang konsep 'kebebasan berbicara' jadi 'berbicara kebencian dengan bebas.'

Hal ini yang mendorong lahirnya frasa 'Twitwar' yang kerapkali terjadi antar pengguna di Twitter, atau 'bashing' yang juga setiap saat terjadi di kolom komentar Instagram.

Hal ini banyak berpengaruh di hidup seseorang, terutama para pesohor yang seringkali menjadi bahan 'bully' tanpa dirinya seringkali melakukan kesalahan yang signifikan. Hal ini membuat Instagram jadi tempat yang 'horor' untuk membagi sesuatu di dunia maya.

Namun hal ini akan segera berubah. Pasalnya Instagram akan segera memberlakukan fitur filter terhadap kolom komentar. Atau bahkan, pengguna bisa mematikan kolom komentar jika ia menginginkannya. Sebelumnya, Instagram telah memberlakukan aturan untuk berbagai kata-kata kasar, namun tak seberapa efektif. Mungkin membiarkan pengguna sendiri yang mengontrol adalah cara yang paling efektif.

"Tujuan kami adalah untuk membuat Instagram lebih ramah, menyenangkan, dan yang paling penting menjadi tempat yang aman untuk mengekspresikan diri," ungkap Nicky Jackson Colaco, kepala dari divisi kebijakan publik dari Instagram, dilansir dari Washington Post.

"Kami secara perlahan memulai untuk menawarkan berbagai opsi untuk memenuhi berbagai pengalaman berkomentar untuk segmen yang lebih luas," tambahnya.

Rumor yang beredar, fitur ini sebelumnya telah secara khusus digunakan oleh Taylor Swift ketika sang pop star bersitegang dengan Kim Kardashian dan Kanye West minggu lalu. Meski masyarakat mengamini 'konspirasi' ini, hal tersebut dibantah oleh Jackson Colaco.

Fitur ini akan dinikmati terlebih dulu oleh para pemilik akun 'high-profile' Instagram, yakni para seleb dan berbagai akun yang memiliki followers terbanyak di Instagram. Untuk para pengguna biasa, fitur ini akan muncul dalam beberapa bulan lagi.

Diharapkan, dengan adanya fitur ini cyber-bully dan berbagai pelecehan dengan kata-kata di dunia maya bisa segera musnah. Hal ini sangat penting bagi pengguna Instagram yang terdiri dari berbagai kalangan, yang berjumlah 500 Juta pengguna aktif per bulannya.

Jadi jika Anda adalah seorang cyber-bully, Instagram tak lagi tempat ternyaman Anda.

WHAT TO READ NEXT ?