Sang CEO ingin Halodiana.com digunakan satu juta orang setiap hari

Sang CEO ingin Halodiana.com digunakan satu juta orang setiap hari

Techno.id - Ide adalah segalanya di industri kreatif berbasis digital. Berawal dari satu platform online, Ryan Gondokusumo mendapat ide yang dikembangkan menjadi platform online baru. Kini, sarjana teknik elektronika dari Purdue University, Indiana, Amerika Serikat ini memiliki dua produk online tambahan, yakni Sribulancer.com dan Halodiana.com. Yang terbaru adalah Halodiana.com, virtual asisten pribadi yang dibangun pada September 2015.

Lewat Halodiana.com, pengguna seperti memiliki asisten pribadi untuk memenuhi segala kebutuhan barang atau jasa, terutama kebutuhan berbelanja. Dengan investasi dari East Ventures, kini pengguna atau users Halodiana.com mencapai 12 ribu orang.

Ditemui di kantornya yang unik, Ryan (31), founder sekaligus chief executive officer (CEO) Halodiana.com berbagi rencana dan harapan kepada M Syakur Usman dan M Lutfhi Rahman dari KapanLagi Network (KLN) beberapa waktu lalu. Berikut kutipannya.

Bagaimana ceritanya punya ide membangun Halodiana.com?

Ide membuat Halodiana.com berasal dari website kedua saya , yakni Sribulancer.com. Sribulancer adalah portal untuk mencari tenaga freelancer programmer, penulis, dan lain-lain. Pada 2014, Sribulancer memiliki klien lebih dari 1.000 klien. Kemudian pada 2015, saya bikin kategori baru, asisten pribadi. Kesannya seperti jasa sewa asisten pribadi. Namun, klien saya di Sribulancer, justru memanfaatkannya untuk jasa membelikan kopi, tiket bioskop, dan lain-lain.

Dari situ, kami merasa harus memecah produknya. Nggak sengaja ada peluang, sehingga saya membuat Halodiana. Saya pun mempelajari bisnis modelnya.

Kapan persisnya Diana dikembangkan?

Ide Halodiana dikembangkan pada Agustus 2015, dan sebulan berikutnya (September), saya membuat Halodiana.com. Saya bersemangat sekali saat membuatnya.

Jumlah orang yang terlibat di Halodiana saat ini 15 orang. Namun secara keseluruhan, dari tiga produk kami, yakni Sribu, Sribulancer, dan Halodiana, jumlah orangnya kini mencapai 38 orang dari semula 24 orang.

Sebenarnya apa sih Halodiana.com itu?

Halodiana.com adalah portal yang menyediakan jasa asisten pribadi secara online untuk segala kebutuhan belanja produk atau jasa. Saat ini kami memiliki beberapa kategori layanan seperti tiket pesawat terbang, tiket bioskop, tiket event atau pertunjukan musik, hadiah, order makanan, florist, dan kategori umum, yakni apa saja bisa. Layanan jasa membelikan tiket film merupakan yang paling laku hingga kini.

Intinya, Halodiana cenderung merupakan sistem rekomendasi yang ditawarkan kepada penggunanya. Banyak pengguna memakai jasa kami, misalnya untuk meminta saran atau rekomendasi untuk memberikan hadiah ulang tahun. Ini banyak sekali jumlahnya.

Seperti apa standar layanannya?

Setelah mendaftar di Halodiana, pengguna akan mendapat notifikasi sebelum menggunakan layanan. Jadi prosesnya begini, customer harus membayar dulu ke Halodiana. Selanjutnya permintaannya ditangani oleh agen Halodiana. Agen inilah yang memproses permintaan konsumen dan memastikan barangnya sampai ke konsumen dengan baik. Kami juga melakukan perjanjian dengan vendor agar barang bisa ditukar jika terjadi sesuatu.

(brl/red)