Ke Silicon Valley, bos startup Indonesia disambut investor Google dkk

Ke Silicon Valley, bos startup Indonesia disambut investor Google dkk

Techno.id - Kunjungan kenegeraan pemerintah dan bos aplikasi Indonesia ke Silicon Valley, Amerika Serikat akhirnya berlangsung. Di sana rombongan menteri dan beberapa petinggi perusahaan rintisan asal Indonesia bertemu dengan para pemilik modal atau investor startup terkemuka dari Negeri Paman Sam.

Beberapa venture capital (VC) kenamaan menyambut rombongan Indonesia yang dipimpin Menteri Komunikasi dan Informatika di Hotel Four Season Silicon Valley. Tercatat nama Michael Jonathan Moritz KBE dari Sequioa, Mary Meeker dari Kleiner Perkins Caulifiled & Byers, Yuri Milner dari Digital Sky Technologies, Kyle Doherty pendiri Coatue Management, dan Ted Ullyot dari Andreessen Horowitz.

Lembaga investasi yang datang menemui rombongan startup Indonesia itu boleh dibilang sebagai kelompok investor sukses yang pernah juga menanamkan modalnya ke perusahaan teknologi raksasa dunia seperti Google, Twitter, Soundcloud, Amazon, Flipboard dan berbagai nama lainnya.

Ke Silicon Valley, bos startup Indonesia disambut investor Google dkk

Kabarnya, pertemuan ini sengaja digelar untuk mendiskusikan potensi besar dari investasi di sektor teknologi tanah air. Perwakilan dari bos startup Indonesia juga diharapkan bisa banyak belajar mengenai investasi teknologi kelas dunia di pasar yang masih berkembang.

Hal itu diharapkan bisa diaplikasikan ke tanah air dan nantinya mampu mendorong perkembangan dunia e-commerce dan sektor ekonomi digital Indonesia yang masih sangat baru tapi mengalami perkembangan yang sangat pesat.

Andrew Darwis, Pendiri Kaskus, menyebutkan rombongan juga diajak menyambangi markas Facebook dan Google setelah pertemuan dengan perwakilan VC. Andrew pun menjelaskan pada kunjungan ini rombongan belajar sangat banyak tentang bagaimana mengelola perusahaan digital langsung dari perusahaan raksasa teknologi dunia.

Pada kunjungan ke Silicon Valley kali ini, rombongan Indonesia dipimpin oleh Menkominfo Rudiantara yang juga diikuti Menteri Perdagangan Thomas Lembong, Kepala BKPM Franky Sibarani dan Kepala Badan Ekonomi Kreatif Triawan Munaf.

Sedangkan startup Indonesia yang ikut dalam rombongan berasal dari perusahaan yang dianggap pantas disebut unicorn seperti William Tanuwidjaja (CEO Tokopedia), Nadiem Makarim (founder Go-Jek), Ferry Unardi (founder Traveloka), Andrew Darwis (founder Kaskus), dan Emirsyah Satar (Chairman dari MatahariMall.com).

(brl/red)