Jadi CEO startup harus punya gelar akademis?

Jadi CEO startup harus punya gelar akademis?

Techno.id - Menurut Anda, hal apa yang bisa membuat seseorang menjadi CEO yang baik? Sudah barang pasti, pertanyaan semacam ini akan melahirkan jawaban yang beragam. Namun satu hal yang rasanya layak diamini bersama, bahwa untuk menjadi seorang CEO, gelar akademis bukanlah harga mati.

Di luar sana, ada banyak CEO di industri teknologi informasi yang gagal menggapai gelar akademis atau menuntaskan masa sekolahnya. Bill Gates, Mark Zuckerberg, dan Steve Jobs hanya segelintir contoh. Menariknya, mereka tak hanya sukses menorehkan sejarah sebagai pimpinan ternama yang drop out, tetapi juga menjadi miliarder.

Steve Stanley, CEO dan founder KebunBibit, ialah contoh lainnya. Ia tercatat cuma menamatkan SMA karena ia melepas almamater dari Universitas Surabaya jurusan Ekonomi Manajemen sebelum waktunya. Pria kelahiran 4 Mei 1979 itu lebih memilih untuk bekerja selama beberapa tahun di sejumlah perusahaan untuk memperkaya pengalamannya sebelum mendirikan KebunBibit pada 2012.

Jadi CEO startup harus punya gelar akademis?

Steve Stanley, CEO dan founder KebunBibit
2015 KebunBibit

Steve sendiri merasa kemampuan terpentingnya sebagai CEO adalah pengambilan keputusan yang cepat. Di samping itu, ia juga begitu percaya dengan data dan statistik. Dengan itu, ia bisa memutuskan banyak hal sembari menjalankan misi membesarkan KebunBibit, seperti penentuan market sampai exit strategy.

"Saya enggak ngurusin hal yang kecil banget. Saya cuma mikirin kira-kira mau ngapain sih, mengelola orang itu kayak apa sih, mengelola manajemen itu kayak apa sih," aku Steve pada Techno.id.

"Saya cuma ngasih arah ke mana, setelah itu anak-anak yang ngelanjutin," simpulnya.

Saat ini, Stevemembawahi sekitar 60 pegawai di KebunBibit. Startup e-commerce tanaman yang mulai memperkaya ekosistemnya itu pun sudah mampu men-generate pemasukan hingga Rp500 juta per bulannya.

(brl/red)