Ini dia tips memulai startup dari CEO Kibar

Ini dia tips memulai startup dari CEO Kibar

Techno.id - Untuk merintis sebuah startup diperlukan persiapan yang mumpuni karena startup diciptakan dengan latar belakang memecahkan permasalahan yang ada disekitar.

Yansen Kamto, CEO Kibar memaparkan bahwa hal pertama yang perlu dipersiapkan saat ingin memulai startup yakni pola pikir atau mindset.

Ia mengungkapkan, "Yang pertama dan yang paling utama adalah mindset. Mereka yang ingin memulai membuat startup harus berpikir bahwa tujuan utama mereka adalah untuk menjadi solusi dalam menyelesaikan suatu masalah".

Yansen mengungkapkan bahwa startup diciptakan bukan untuk menjadi kaya, uang itu tidak pernah menjadi tujuan namun hanya salah satu alat untuk mencapai tujuan.

Selanjutnya, semangat kolaborasi menjadi salah satu faktor penunjang dalam mendirikan sebuah startup. "Karena pasti semua orang hanya punya satu core-strength, jadi harus kolaborasi. Tapi, sebelum kolaborasi mereka harus mengidentifikasi kekuatan mereka di mana, untuk kemudian fokus di kekuatannya," ungkapnya.

Yang terakhir yaitu eksekusi, diperlukan kekuatan tekad agar tidak berputus asa dalam mengembangkan startup.

"Enggak ada yang sekali langsung berhasil, harus berpikir bahwa gagal adalah satu dari perjalanan. Tapi harus fail fast, fail forward, gagalnya dengan cepat, gagalnya harus ke depan, harus ada yang kita pelajari dari kegagalan," tutup Yansen.

(brl/red)