Indokasih.com: Membantu sesama dengan aksi nyata

Indokasih.com: Membantu sesama dengan aksi nyata

Techno.id - Setiap orang mempunyai jalan hidupnya masing-masing. Ada yang terlahir berkecukupan, adapula yang serba kekurangan. Semua sudah ditakdirkan seperti itu, tetapi Anda dapat membantu mereka yang belum beruntung dengan cara mendonasikan sebagian harta Anda. Salah satu situs sosial yang menawarkan kemudahan dalam berbagi kasih adalah Indokasih.com.

IndoKasih merupakan sebuah situs yang bertujuan untuk menyalurkan bantuan finansial kepada mereka yang kurang mampu. Jadi, IndoKasih ini semacam platform donasi online yang memungkinkan penggunanya menggalang dana secara online.

IndoKasih didirikan oleh Adam D'arcy, orang berkebangsaan Inggris yang saat ini tinggal di Indonesia. Dalam mengembangkan situs kepedulian sosial ini Adam dibantu oleh kerabatnya yakni Theodora Sunarli, Nayoko Kho, Wilson Yanaprasetya, dan Arne Van Looveren.

Adam mengatakan bahwa Anda dapat menyalurkan dana atau mengumpulkan dana dari publik yang nantinya akan didonasikan ke sejumlah yayasan yang telah terdaftar di IndoKasih. Sejauh ini, IndoKasih telah mendukung 21 yayasan yang berlatar belakang pendidikan, kesehatan, kebudayaan, lingkungan, dan internasional NGO.

Siapa saja diperbolehkan menggalang dana melalui IndoKasih, tetapi harus memiliki target dan tujuan yang jelas. Anda juga harus menyertakan latar belakang dan alasan yang kuat untuk memikat para donatur agar ikut menggalang dana untuk yayasan yang Anda buat. Beberapa yayasan yang sudah terdaftar di IndoKasih di antaranya Indonesia Mengajar, PMI, rumah pandai, Care4kids, WWF, yayasan AIDS Indonesia, dan lain-lain.

Melakukan donasi di IndoKasih terbilang mudah, Anda cukup memilih yayasan atau event apa yang ingin Anda bantu. Kemudian, Anda dapat memilih tombol hijau bertuliskan "klik di sini untuk donasi" pada halaman penggalangan dana. Setelah itu akan muncul halaman kecil yang meminta para donatur untuk memasukkan rincian donasi mereka seperti pilihan transaksi (Visa/MasterCard, ATM/eBanking, BBM Money, dan Mandiri eCash), jumlah donasi, pilihan profil anonymous, dan pesan singkat untuk mengajak donatur yang lain.

Dana yang telah terkumpul nantinya akan didonasikan kepada yayasan sebesar 95%. IndoKasih tidak menyalurkan semua hasil penggalangan dananya karena 5% dari dana tersebut digunakan IndoKasih untuk membiayai dana operasional mereka.

(brl/red)