India alami pertumbuhan ekosistem startup tercepat di dunia

India alami pertumbuhan ekosistem startup tercepat di dunia

Techno.id - Berkembangnya perekonomian dan teknologi di India ternyata membawa dampak hingga ranah bisnis online (e-commerce). Pendanaan yang besar sekaligus pasar domestik yang terus berkembang membuat India kini menjadi negara dengan pertumbuhan ekosistem startup tercepat di dunia.

Seperti dikutip dari The Next Web (05/07/2015), sekitar 3.100 startup telah beroperasi di sepanjang tahun 2014. Angka tersebut diprediksi kuat bakal terus meningkat hingga berjumlah setidaknya 11.500 startup di tahun 2020 mendatang.

Pesatnya pertumbuhan ekosistem startup di negara berpenduduk satu miliar tersebut diyakini berkat tren investasi besar-besaran yang terjadi. Strategi manajemen Mergers and acquisitions (M&A) ialah salah satu aktivitas yang terus meningkat sekaligus menjadi penyebab utama mengapa pertumbuhan ekosistem startup India menjadi yang tercepat.

Di samping itu, minat para investor asing untuk berinvestasi di India juga dinilai sangat tinggi. Alasannya, pertumbuhan konsumen smartphone di negara tersebut telah berkembang sangat pesat.

Adapun beberapa startup asal India yang tergolong masih baru namun perkembangannya telah melampaui cepat di antaranya yakni Housing.com, Zivame.com, AdPushuo.com, Paytm.com, Redbus.com dan InMobi.com.

(brl/red)